“Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun Di Desa Orobulu Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan

Rizkia, Della Eka and Dr. Dra. Asmika Madjri, SKM, M. Kes. and Krisjentha Iffah A., S.Keb., Bd., M.Kes. (2022) “Hubungan Lama Penggunaan Gadget Dengan Perkembangan Sosial Anak Usia 4-6 Tahun Di Desa Orobulu Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masa prasekolah merupakan masa seorang anak memiliki kepekaan yang tinggi dengan adanya kontak sosial dan komunikasi yang dapat mempengaruhi cara bersosialisasi dengan lingkungan sekitar. Gadget adalah alat untuk berkomunikasi yang memiliki berbagai tampilan yang akan menjadi daya tarik bagi anak. Penggunaan gadget yang tidak terkontrol menimbulkan dampak yang dapat mempengaruhi perkembangan sosial mereka. Tujuan penelitian: menganalisis hubungan antara lamanya penggunaan gadget dengan perkembangan sosial anak usia 4-6 tahun di Desa Orobulu Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan. Metode Penelitian: penelitian ini menggunakan 83 responden sebagai sampel dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian: 57 responden (68.7%) yang menggunakan gadget dengan intensitas yang tinggi dapat dikelompokkan menjadi 2 berdasarkan perkembangan sosialnya. Responden dengan perkembangan sosial normal berjumlah 37 responden (44.6%) sedangkan responden yang memiliki perkembangan sosial suspect berjumlah 20 responden (24.1%). Uji data dengan Chi-Square membuktikan H0 ditolak. Kesimpulan: terdapat hubungan yang signifikan antara lama penggunaan gadget dengan perkembangan sosial pada anak usia prasekolah (4-6 tahun) di Desa Orobulu Kecamatan Rembang Kabupaten Pasuruan.

English Abstract

Preschool is a moment when children have a high sensitivity due to social contact and communication that affect how they interact with their surroundings. Gadgets are a form of technological advancement with a variety of models that can attract preschoolers. The uncontrolled use of gadgets has several implications for their social development. This study aims to analyze the relation between device usage time and the social development of children aged 4 to 6 years in Orobulu Village, Rembang District, Pasuruan Regency. The researcher used a purposive sampling method that included a total of 83 respondents. The results showed that 57 respondents (68.7%) who used gadgets with high intensity could be grouped into 2 based on their social development. Thirty-seven (44.6%) respondents had normal social development, and 20 (24.1%) were in suspect social development. H0 is disproved by data analysis using the Chi-Square test with p = 0.000 0.05. Therefore, it can be inferred that there is a significant connection between gadget use and social development in preschool children (4-6 years old) in Orobulu village, Rembang District, Pasuruan Regency.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052206
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 26 Sep 2024 07:49
Last Modified: 26 Sep 2024 07:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230983
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Della Eka Rizkia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item