Motivasi dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram (Studi Uses & Gratifications 2.0 Terhadap Followers Akun @Elainehanafi)

Bauty, Rafi Benhard Sarjoe and Reza Safitri, S.Sos., M.Si., Ph.D (2024) Motivasi dan Kepuasan Penggunaan Media Sosial Instagram (Studi Uses & Gratifications 2.0 Terhadap Followers Akun @Elainehanafi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi utama pengguna media mengikuti akun diet influencer pada platform Instagram dan kepuasan yang didapatkan setelah mengikuti akun jenis tersebut. Dengan fokus diet influencer pada akun Instagram Elaine Hanafi, peneliti mengeksplorasi perbedaan antara ratarata atas gratifikasi yang dicari (GS) dan gratifikasi yang didapatkan (GO) menggunakan indikator model MAIN yang dikemukakan oleh Sundar & Limperos (2013). Penelitian ini berpedoman pada teori Uses and Gratification 2.0 yang menekankan pada penggunaan media massa yakni media baru. Metodologi penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan pengambilan hipotesis menggunakan paired sample t test. Data diperoleh dari sampel berjumlah 100 responden yang berasal dari berbagai wilayah Indonesia. Hasil temuan pada penelitian menunjukkan bahwa motivasi utama yang diharapkan oleh pengikut akun @elainehanafi dari keempat model MAIN, diantaranya item realism, novelty, being there, interaction, dan scaffolding/navigation aids. Dari hasil analisis yang didapatkan terhadap perbandingan rata-rata gratification sought (GS) dan gratification obtained (GO) secara keseluruhan menunjukkan ketidakpuasan. Hal ini terlihat pada hasil rata-rata GO yang lebih rendah dibandingkan rata-rata dari GS. Sehingga dapat dikatakan bahwa secara umum akun Instagram @elainehanafi belum memberikan kepuasan kepada pengikut dalam memenuhi kebutuhan informasi diet sehat yang dilakukan di media tersebut. Hasil studi ini menyoroti pentingnya elemen interactivity sebagai satu-satunya indikator dalam model MAIN yang memberikan kepuasan.

English Abstract

This research aims to understand the primary motivations of social users following diet influencer accounts and the satisfaction of the use of the account in the fulfillment of information about healthy diet. Focusing on the diet influencer account of Elaine Hanafi on Instagram, the study investigates the disparity between the average gratifications sought (GS) and gratifications obtained (GO) using the MAIN model indicators proposed by Sundar & Limperos (2013). The research is guided by the theory of Uses and Gratification 2.0, provides a framework for understanding and exploring why people use media especially new media. The research methodology employs a quantitative approach through survey methods. Data analysis techniques include descriptive analysis, with hypothesis testing conducted using paired sample t-tests. Data were collected from a sample of 100 respondents from various regions of Indonesia. The findings of the study indicate that the main motivations expected by followers of the @elainehanafi account from the four MAIN models include items such as realism, novelty, being there, interaction, and scaffolding/navigation aids. However, the analysis comparing the overall average gratification sought (GS) and gratification obtained (GO) indicates dissatisfaction, with the average GO being lower than the average GS. Thus, it can be concluded that overall, the Instagram account @elainehanafi has not provided satisfaction to followers in meeting their needs for healthy diet information on the platform. This study highlights the importance of interactivity as the only indicator in the MAIN model that provides satisfaction.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 11 Dec 2024 08:12
Last Modified: 11 Dec 2024 08:12
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230945
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rafi Benhard Sarjoe Bauty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Actions (login required)

View Item View Item