Meyrandari, Nisrina Kamiliya and Nyimas Nadya Izana,, S.K.Pm., M.Si (2024) “Organisasi Sekolah Alam Tunas Mulia Dalam Memenuhi Hak Pendidikan Anak Pemulung di Bantargebang Kota Bekasi”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai proses kerja organisasi Sekolah Alam Tunas Mulia dalam memenuhi hak pendidikan anak pemulung di TPST Bantargebang Kota Bekasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan mengenai proses kerja organisasi Sekolah Alam Tunas Mulia dalam memenuhi hak pendidikan anak pemulung di TPST Bantargebang Kota Bekasi. Hal itu berangkat dari kondisi banyaknya anak pemulung di TPST Bantargebang yang tidak bisa bersekolah karena mengalami kendala biaya dan akses. Adapun penelitian ini menggunakan teori Leavitt’s Diamond dari Harold J. Leavitt yang memiliki empat komponen organisasi yaitu struktur, aktor, teknologi, dan tujuan. Pemilihan teori dalam penelitian ini atas dasar pertimbangan subyek penelitian yaitu Sekolah Alam Tunas Mulia yang merupakan sebuah organisasi. Sementara itu, metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik penentuan informan yang dilakukan adalah teknik purposive. Dari hasil penelitian, maka diperoleh data bahwa Sekolah Alam Tunas Mulia memiliki struktur yang jelas dan menghasilkan aturan yang ada dalam organisasi. Volunteer dan anak pemulung menjadi aktor yang terlibat dalam organisasi ini. Kemudian, Sekolah Alam Tunas Mulia juga menggunakan teknologi sebagai wadah untuk memperkenalkan keberadaannya serta membuka jalur komunikasi baru dengan pihak donatur. Keterlibatan komponen organisasi dalam Sekolah Alam Tunas Mulia mampu memberikan hak pendidikan kepada anak pemulung di TPST Bantargebang.
English Abstract
This study discusses the work process of the Sekolah Alam Tunas Mulia organization in fulfilling the educational rights of scavenger children at TPST Bantargebang, Bekasi City. The purpose of this study is to find out and understand the work process of the Sekolah Alam Tunas Mulia organization in fulfilling the educational rights of scavenger children at TPST Bantargebang, Bekasi City. This departs from the condition of many scavenger children at the Bantargebang TPST who cannot go to school because they are experiencing cost and access constraints. This study uses Leavitt's Diamond theory from Harold J. Leavitt which has four organizational components, namely structure, actors, technology, and goals. The selection of theories in this study is based on the consideration of the research subject, namely Sekolah Alam Tunas Mulia which is an organization. Meanwhile, the method used is descriptive research using data collection techniques in the form of interviews, observations, and documentation. The technique for determining informants carried out is the purposive technique. From the results of the research, data was obtained that Sekolah Alam Tunas Mulia has a clear structure and produces rules that exist in the organization. Volunteers and scavenger children are actors involved in this organization. Then, Sekolah Alam Tunas Mulia also uses technology as a forum to introduce its existence and open new communication channels with donors. The involvement of organizational components in Sekolah Alam Tunas Mulia was able to provide educational rights to scavenger children at TPST Bantargebang.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi |
Depositing User: | soegeng Moelyono |
Date Deposited: | 11 Dec 2024 08:11 |
Last Modified: | 11 Dec 2024 08:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230929 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Nisrina Kamiliya Meyrandari.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |