Analisis Penerapan Prinsip New Public Service Melalui Layanan Lapor Pak di Provinsi Jawa Timur (Studi Pada Layanan atas Perempuan Anak Dalam Kasus Kekerasan di Provinsi Jawa Timur)

Utami, Andillia Febyanti and Tia Subekti, S.IP., MA (2024) Analisis Penerapan Prinsip New Public Service Melalui Layanan Lapor Pak di Provinsi Jawa Timur (Studi Pada Layanan atas Perempuan Anak Dalam Kasus Kekerasan di Provinsi Jawa Timur). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kasus kekerasan terhadap perempuan dan anak merupakan masalah serius di Jawa Timur. Untuk menanggulangi masalah ini, Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Kependudukan (DP3AK) membentuk layanan Lapor Pak. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan prinsip mementingkan kepentingan publik dalam penyelenggaraan layanan Lapor Pak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan Lapor Pak belum sepenuhnya fokus pada kepentingan publik sebagai salah satu prinsip dalam pelayanan publik berbasis New Public Service. Hal ini ditunjukkan dengan hanya terpenuhinya satu indikator, yaitu memberikan masyarakat pilihan dalam menyelesaikan masalah dan fasilitas sesuai kebutuhan. Sementara tiga indikator lain yang masih belum terpenuhi yaitu (1) Keterlibatan masyarakat dalam proses pembentukan layanan masih kurang, (2) Tidak ada forum dialog yang melibatkan masyarakat, hanya didominasi oleh DP3AK dan dinas terkait, (3) DP3AK telah berorientasi pada keadilan dan kejujuran, tetapi belum memenuhi nilai kemanusiaan karena kurangnya sarana prasarana memadai. Tempat pengaduan yang terbuka menimbulkan rasa tidak aman dan tidak nyaman bagi masyarakat. Disarankan agar tempat pengaduan dipindahkan ke ruang tertutup untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan serta lebih mengutamakan keterlibatan masyarakat dalam proses pembentukan hingga pelaksanaan layanan.

English Abstract

Cases of violence against women and children remain a serious issue in East Java. To address this, the East Java Provincial Government, through the Office of Women's Empowerment, Child Protection, and Population (DP3AK), established the Lapor Pak service. This study examines how well the principle of prioritizing the public interest is applied in the Lapor Pak service, using a descriptive qualitative method.The findings reveal that the Lapor Pak service has not fully embraced the public interest principle as outlined in the New Public Service model. While the service provides choices and facilities for the community, three critical areas fall short: (1) Community involvement in service development is minimal, (2) There is a lack of dialog forums that include community participation, with discussions dominated by DP3AK and related agencies, and (3) Although DP3AK is oriented towards justice and honesty, it fails to uphold human values due to inadequate infrastructure. The open complaint area creates insecurity and discomfort for users. It is recommended that this area be relocated to a closed space to enhance safety and comfort, and that community involvement be prioritized in both the service formation and implementation processes.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Kekerasan, Kualitas Pelayanan Publik, Kepentingan Publik, New Public Service, Provinsi Jawa Timur, Lapor Pak -Violence, Public Service Quality, New Public Service, East Java Province, Lapor Pak
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 11 Dec 2024 02:43
Last Modified: 11 Dec 2024 02:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230831
[thumbnail of Andillia Febyanti Utami.pdf] Text
Andillia Febyanti Utami.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item