Sutrisno, Alifia Syeicha and La Ode Machdani Afala, S.IP., M.A. (2024) Evaluasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Dukcapil Huruf Braille (Aduh Bra) di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Malang Tahun 2019-2023. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelayanan publik merupakan hal penting bagi pemerintah daerah dengan menciptakan layanan berkualitas yang mampu menjangkau segenap lapisan masyarakat, tidak terkecuali masyarakat penyandang disabilitas. Administrasi dukcapil huruf braille sebagai salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di Disdukcapil Kota Malang. Didasarkan pada Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, dijalin Perjanjian Kerja Sama (PKS) antara Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Malang dengan Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur sesuai PKS Nomor 470/3605.1/35.73.409/2021. Hal ini sejalan dengan amanat Undang-Undang Nomor 8 Tahun 2016 tentang Penyandang Disabilitas, yang menjamin perlindungan hak-hak individu dengan disabilitas. Penelitian kebijakan ini bertujuan untuk mengetahui proses pelaksanaan Kebijakan Aduh Bra dapat diakses penyandang disabilitas netra tanpa adanya diskriminasi, dan dapat dioptimalkan secara efektif dalam memberikan manfaat bagi masyarakat penyandang disabilitas netra. Penelitian dengan metode kualitatif pendekatan studi kasus. Teknik penentuan informan dengan snowball sampling. Teknik pengumpulan data dengan studi pustaka, wawancara dengan narasumber instansi pemerintahan dan masyarakat disabilitas tunanetra di Kota Malang dan mendokumentasikannya. Hasil penelitian ini, pelayanan administrasi dukcapil huruf braille masih belum optimal dalam memberikan pelayanan kepada para penyandang disabilitas netra, terutama dalam mengkonversi dokumen kependudukan umum menjadi dokumen kependudukan braille. Masyarakat disabilitas netra Kota Malang juga masih banyak yang tidak mengetahui adanya administrasi dukcapil huruf braille.
English Abstract
Public service are important for local governments by creating quality service that can reach all level of society, including people with disabilities. Braille dukcapil administration is an effort to improve the quality of public service in the Malang City Disdukcapil Office. Based on Law Number 5 of 2009 concerning Public Service, a Cooperation Agreement (PKS) was established between the Malang City Population and Civil Registration Service (Disdukcapil) and the East Java Provincial Social Service in accordance with PKS Number 470/3605.1/35.73.409/2021. This is in line with the mandate of Law Number 8 of 2016 concerning Persons with Disabilities, which guarantees the protection of the rights of individuals with disabilities. This policy research aims to determine the process of implementing the Aduh Bra Policy, which can be accessed by blind people without discrimination, and can be optimized effectively in providing benefits to people with visual disabilities. Research using a qualitative method, case study approach. The technique for determining informants is snowball sampling. Data collection techniques using literature study, interviews with sources from government agencies and the visually impaired community in Malang City and documenting it. The result of this research show that braille dukcapil administration services are still not optimal in providing services to people with visual disabilities, especially in converting general population documents into braille population documents in Malang City who are not aware of the existence of braille dukcapil administration.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Pemerintahan |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 08:14 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 08:14 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230827 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Alifia Syeicha S.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |