“Pajak dan Pelajar SMA: Studi Eksplorasi Representasi Sosial tentang Pajak”

Nastiti, Fajar Ayuning and Dr. Ika Rahma Susilawati, S.Psi., M.Psi. and Dian Putri Permatasari, S.Psi. M.Si. (2024) “Pajak dan Pelajar SMA: Studi Eksplorasi Representasi Sosial tentang Pajak”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Edukasi pajak merupakan pondasi dasar untuk meningkatkan kesadaran pajak pada masyarakat terutama pelajar SMA. Dari program edukasi tersebut, pemikiran mereka terkait pajak menjadi terbuka dan akan menumbuhkan rasa sadar pajak yang nantinya akan meningkatkan tingkat kepatuhan pajak agar tercipta penerimaan negara secara berkelanjutan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi representasi sosial tentang pajak pada pelajar SMA dengan pendekatan kualitatif menggunakan teknik analisis asosiasi bebas. Kriteria inklusi dalam penelitian ini adalah pelajar SMA dengan sampel penelitian yakni pelajar SMA Negeri 8 Kota Malang dan SMA Brawijaya Smart School. Teknik sampling yang digunakan adalah non-probability sampling dengan menggunakan 171 sampel penelitian. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner terbuka yang disebarkan secara luring di sekolah. Hasil menunjukkan bahwa pelajar SMA cenderung menggambarkan pajak sebagai suatu hal yang positif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi pertimbangan dan evaluasi bagi pihak terkait dalam merancang sarana edukasi program pendidikan pajak yang lebih efektif.

English Abstract

Tax education is a basic foundation for increasing tax awareness in the community, especially high school students. From this educational program, their thinking about taxes becomes open and will foster a sense of tax awareness which will later increase the level of tax compliance in order to create sustainable state revenue. This study aims to explore the social representation of taxes in high school students with a qualitative approach using free association analysis techniques. The inclusion criteria in this study were high school students with research samples, namely students of SMA Negeri 8 Malang City and SMA Brawijaya Smart School. The sampling technique used was non-probability sampling using 171 research samples. Data collection was carried out using an open questionnaire distributed offline at schools. The results show that high school students tend to describe taxes as something positive. The results of this study are expected to be a consideration and evaluation for related parties in designing more effective tax education program educational facilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 10 Dec 2024 08:14
Last Modified: 10 Dec 2024 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230810
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
- FAJAR AYUNING NASTITI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Actions (login required)

View Item View Item