Pengaruh Gender, Literasi Keuangan, Dan Gaya Hidup Penggunaan E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya)

Hidayat, Muhammad Ridho and Dr. Dra. Lilik Purwanti, M.Si. Ak. (2024) Pengaruh Gender, Literasi Keuangan, Dan Gaya Hidup Penggunaan E-Wallet Terhadap Perilaku Konsumtif (Studi Mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh gender, literasi keuangan, dan gaya hidup penggunaan e-wallet terhadap perilaku konsumtif. Lingkup penelitian ini mencakup mahasiswa S1 Akuntansi Universitas Brawijaya angkatan 2020-2023. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik non-probability sampling dengan pendekatan purposive sampling dan ditentukan sampel sebanyak 93 orang. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari kuesioner digital google form dengan skala likert. Metode pengujian penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji instrumen, uji asumsi klasik, dan pengujian hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gender dan literasi keuangan tidak berpengaruh terhadap perilaku konsumtif, sedangkan gaya hidup berpengaruh dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi yang berharga dalam lingkup akademis, terutama dalam pemahaman mengenai teori teori yang berhubungan dengan perilaku konsumtif serta faktor demograsi yang mempengaruhi teori tersebut. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pengetahuan lebih pada masyarakat mengenai fenomena perilaku konsumtif dan memmbantu masyarakat untuk dapat mengendalikan diri dari perilaku konsumtif.

English Abstract

This study aims to examine the effect of gender, financial literacy, and the use of e-wallet on the consumptive behavior of undergraduate students of Accounting, Universitas Brawijaya, class of 2020-2023. This study includes the samples of 93 students selected through non-probability sampling with a purposive sampling, and involves primary data collected through digital questionnaires utilizing Google form, measured by Likert scale. Instrument testing, classical assumption testing, and hypothesis testing are applied to analyzed the data. The results of this study exhibit that gender and financial literacy do not affect consumptive behavior, while the use of e-wallet has a significant effect on consumptive behavior. The results of this study are expected to provide valuable contributions in the academic scope, especially in understanding the theories on consumptive behavior and the demographic factors that affect these theories. This research is expected to contribute more knowledge to the public about the phenomenon of consumer behavior and help the public to be able to control themselves from consumer behavior.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052402
Uncontrolled Keywords: gender, financial literacy, lifestyle, e-wallet and consumer behavior-gender-literasi keuangan, gaya hidup, dan perilaku konsumtif
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Jan 2025 03:54
Last Modified: 02 Jan 2025 03:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230764
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Ridho Hidayat.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item