Analisis Minat Dan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sayuran Di Pasar Setono Betek Kediri Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior

Surya, Rio Audi and Ibu Fitrotul Laili, SP., MP. (2024) Analisis Minat Dan Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Sayuran Di Pasar Setono Betek Kediri Dengan Pendekatan Theory Of Planned Behavior. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sayuran yang merupakan salah satu dari pruduk hortikultura, dimana sayuran merupakan sekian dari banyak bahan makanan dengan kandungan tinggi akan protein, vitamin, mineral serta serat. Dengan tiap jenis sayuran mempunyai daya tarik dan keunikanya tersendiri, seperti mempunyai rasa lezat dan aroma khasnya masing-masing. Pasar Setono Betek Kediri merupakan salah satu pasar tradisional dan merupakan pasar terbesar di Kota Kediri. Pada Pasar Setono Betek Kediri terdapat pedagang yang terdiri dari 2 kelompok, pertama yaitu Pedagang Esensial dan Pedagang Non Esensial. Sayuran yang dijual belikan di Pasar Setono Betek Kediri dengan berbagai faktor telah mempengaruhi pembelian konsumen, bahwa sayuran tidak hanya terdapat pada pasar tradisional Setono Betek tetapi juga di tempat lain yang memiliki peluang lebih besar seperti pasar modern. Hal ini menyebabkan pembelian sayuran tidak menentu setiap waktunya. Pembelian sayuran yang tidak menentu atau tidak stabil tersebut menjadikan pembelian sayuran di Pasar Setono Betek Kediri berpola dan memerlukan alasan tertentu untuk nelakukan pembelian yang dapat disebut sebagai planned behavior. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yang dilaksanakan dalam jangka waktu bulan Januari hingga July 2024. Penelitian ini menggunakan metode Accidental Sampling. Sampel yang dijadikan objek pada penelitian ini adalah konsumen yang pernah membeli sayuran, sedang membeli sayuran ataupun telah membeli sayuran, dan pernah mengkonsumsisnya dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini yakni yang pertama adalah teknik analisis deskriptif dan yang kedua adalah teknik analisis statistik, yang melibatkan penggunaan alat analisis statistik SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square). Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat beli konsumen dipengaruhi oleh variabel sikap, norma subjektif, dan persepsi kontrol perilaku. Kontribusi indikator terbesar pada variabel sikap yaitu Ide yang bagus melakukan pembelian. Kontribusi indikator paling besar pada variabel norma subjektif yaitu Orang di lingkungan sekitar mempengaruhi pembelian. Variabel persepsi kontrol perilaku, indikator yang paling besar yaitu Mempunyai sumberdaya finansial (uang) dalam melakukan pembelian. Berdasarkan hasil penelitian ini juga, menyatakan bahwa pengelola pasar beserta para pedagang pasar perlu untuk mempertahankan tingkat kenyamanan, kebersihan dan pelayanan pasar yang baik.

English Abstract

Vegetables are one of the horticultural products, where vegetables are one of the many food ingredients with a high content of protein, vitamins, minerals and fiber. Each type of vegetable has its own charm and uniqueness, such as having its own delicious taste and unique aroma. Setono Betek Kediri Market is one of the traditional markets and is the largest market in Kediri City. At Setono Betek Kediri Market there are traders consisting of 2 groups, first, namely Essential Traders and Non-Essential Traders. Vegetables are bought and sold at the Setono Betek Kediri Market. Various factors have influenced consumer purchases, that vegetables are not only found in the Setono Betek traditional market but also in other places that have greater opportunities such as modern markets. This causes the purchase of vegetables to be uncertain at any time. Erratic or unstable vegetable purchases make vegetable purchases at the Setono Betek Kediri Market patterned and require a certain reason for making purchases which can be called planned behavior. This research uses a quantitative approach which was carried out over the period from January to July 2024. This research uses the Accidental Sampling method. The samples used as objects in this research were consumers who had bought vegetables, were buying vegetables or had bought vegetables, and had consumed them with a sample size of 100 respondents. This research uses primary data and secondary data. The analytical method used in this research is that the first is a descriptive analysis technique and the second is a statistical analysis technique, which involves the use of the SEM-PLS (Structural Equation Model-Partial Least Square) statistical analysis tool. The research results show that consumer purchase intentions are influenced by attitudinal variables, subjective norms, and perceived behavioral control. The biggest indicator contribution to the attitude variable is a good idea for making a purchase. The largest indicator contribution to the subjective norm variable is that people in the surrounding environment influence purchases. Perceived behavioral control variable, the biggest indicator is having financial resources (money) to make purchases. Based on the results of this research, it is also stated that market managers and market traders need to maintain a good level of comfort, cleanliness and market service.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052404
Uncontrolled Keywords: -
Divisions: Fakultas Pertanian > Sosial Ekonomi Pertanian
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 31 Dec 2024 02:33
Last Modified: 31 Dec 2024 02:33
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230689
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Rio Audi Surya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item