Issyibilla, Aurellya and Maulfi Syaiful Rizal, M.Pd. (2024) “Implementasi Metode Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Dengan Media Gurita Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Materi Unsur Intrinsik Cerita Pendek. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan metode pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan media gurita pada materi unsur intrinsik cerita pendek dan mengetahui dampak dari implementasian metode pembelajaran ini. Dalam penelitian ini metode pembelajaran yang digunakan yaitu Team Game Tournament (TGT) dengan media gurita. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji implementasi metode Team Games Tournament (TGT) dengan media gurita pada pembelajaran unsur intrinsik cerita pendek. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data dan sumber data diperoleh dari observasi kelas XI-2 SMA Negeri 1 Kepanjen, wawancara pada guru, dan angket yang diberikan ke peserta didik. Teknik analisis data yang menggunakan reduksi data dimana data dirangkum dan dipilah pokok hal-hal penting. Sedangkan penyajian daya dalam penelitian ini dalam bentuk uraian deskripsi. Dengan hasil pengimplementasian metode pembelajaran dengan berbantuan media membuat siswa aktif dan ikut andil dalam setiap proses pembelajaran serta peserta didik tidak merasakan bosan saat membaca materi maupun cerita pendek yang disajikan hal tersebut juga dapat bedampak baik pada hasil belajar siswa
English Abstract
This research aims to implement the Team Games Tournament (TGT) learning method using an octopus media on the intrinsic elements of short stories and to determine the impact of implementing this teaching method. The study employs the Team Games Tournament (TGT) method with an octopus media to examine its implementation in teaching the intrinsic elements of short stories. It adopts a qualitative approach with a descriptive method. Data collection techniques and sources include classroom observations of XI-2 at SMA Negeri 1 Kepanjen, interviews with teacher, and questionnaires distributed to students. Data analysis employs data reduction techniques, where information is summarized and essential points are identified. The findings are presented descriptively. The implementation of the teaching method with the aid of media encourages active student participation in the learning process, and students do not feel bored when reading materials or short stories presented, which also positively impacts student learning outcomes
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052412 |
Uncontrolled Keywords: | Cerita Pendek; Media Pembelajaran; Team Games Tournament; Unsur Intrinsik-Learning media; Team Games Tournament; Intrinsic Elements; Short Stories |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 10 Dec 2024 04:25 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 04:25 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230687 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aurellya Issyibilla.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |