Wahyudi, Khairunnisa and Dr. Asihing Kustanti, S.Hut., M.Si. (2024) “Profil Minat Siswa Sekolah Dasar Terhadap Pelestarian Ekosistem Mangrove (Studi Kasus Sdn Penunggul)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pendidikan lingkungan merupakan salah satu upaya dalam mendukung pelestarian ekosistem mangrove yang kemudian diharapkan dapat menumbuhkan kesadaran dan kecintaan siswa terhadap lingkungannya. SDN Penunggul menjadi salah satu sekolah yang secara administratif berbatasan langsung dengan wisata hutan mangrove Nguling. Fenomena pengembangan wisata serta keberadaan hutan mangrove yang dekat dengan pemukiman warga tentunya memerlukan perhatian yang lebih dari banyak pihak agar turut menjaga kelestariannya. Skripsi ini mengkaji profil minat siswa SDN Penunggul terhadap pelestarian ekosistem mangrove. Penelitian dilaksanakan pada bulan juni dengan pendekatan studi kasus menggunakan mix method lalu di analisis dengan teknik deskriptif kuantitatif untuk melihat tingkat minat siswa serta analisis tematik untuk melihat faktor apa saja yang dapat mempengaruhi minat siswa terhadap pelestarian ekosistem mangrove. Penelitian ini melibatkan siswa kelas IV dan V sebagai responden utama. Metode pengumpulan data meliputi dokumentasi, kuesioner, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat siswa terhadap pelestarian ekosistem mangrove ada pada kategori tinggi. Perolehan perhitungan minat siswa pada kategori sangat tinggi didapati sebanyak 19 siswa (49%), kategori tinggi sebanyak 6 siswa (15%), kategori cukup sebanyak 7 siswa (18%), kategori kurang sebanyak 3 siswa (8%), dan kategori rendah sebanyak 4 siswa (10%). Sedangkan faktor-faktor yang dapat mempengaruhi minat siswa terhadap pelestarian mangrove antara lain adalah kesadaran siswa untuk mempelajari dan terlibat dalam pegiatan pelestarian, peran orang tua, proses pembelajaran lingkungan di sekolah, serta lingkungan pertemanan. Penelitian ini merekomendasikan perlunya peningkatan pendidikan lingkungan di sekolah, adanya upaya lebih lanjut dalam mengintegrasikan pendidikan lingkungan hidup ke dalam kurikulum sekolah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa terhadap ekosistem mangrove, serta mendorong partisipasi aktif dalam kegiatan pelestariannya lewat ekstrakulikuler yang berfokus pada pelestarian mangrove. Penelitian ini juga menyarankan adanya penelitian lebih lanjut untuk mengetahui metode yang tepat dalam melakukan pembelajaran dalam kegiatan pendidikan lingkungan. Secara keseluruhan, skripsi ini memberikan kontribusi penting dalam memahami bagaimana sekolah dapat berperan dalam meningkatkan kesadaran dan minat siswa terhadap pelestarian ekosistem mangrove, sebagai upaya dalam menjaga keberlanjutan lingkungan di masa depan.
English Abstract
Environmental education is one of the efforts to support the preservation of mangrove ecosystems which is then expected to foster students' awareness and love for their environment. SDN Penunggul is one of the schools that administratively borders directly with nguling mangrove forest tourism. The phenomenon of tourism development and the existence of mangrove forests close to residential areas certainly require more attention from many parties to help maintain its sustainability. This thesis examines the profile of SDN Penunggul students' interest in mangrove ecosystem conservation. The research was conducted in June with a case study approach using a mix method and then analyzed with quantitative descriptive techniques to see the level of student interest and thematic analysis to see what factors can influence student interest in mangrove ecosystem conservation. This study involved fourth and fifth grade students as the main respondents. Data collection methods include documentation, questionnaires, and interviews. The results showed that students' interest in the preservation of mangrove ecosystems was in the high category. The calculation of student interest in the very high category was found to be 19 students (49%), high category as many as 6 students (15%), moderate category as many as 7 students (18%), less category as many as 3 students (8%), and low category as many as 4 students (10%). Meanwhile, factors that can influence students' interest in mangrove conservation include students' awareness to learn and be involved in conservation activities, the role of parents, the environmental learning process at school, and friendship environment. This study recommends the need for increased environmental education in schools, further efforts to integrate environmental education into the school curriculum to increase students' understanding and awareness of mangrove ecosystems, and encourage active participation in conservation activities through extracurricular activities that focus on mangrove conservation. This research also also suggests further research to find out the right method in conducting learning in environmental education activities. Overall, this thesis makes an important contribution in understanding how schools can play a role in increasing students' awareness and interest in mangrove ecosyste
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052404 |
Divisions: | Fakultas Pertanian > Ilmu Tanah |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 31 Dec 2024 02:33 |
Last Modified: | 31 Dec 2024 02:33 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230639 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
KHAIRUNNISA WAHYUDI.pdf Restricted to Registered users only Download (8MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |