Salsabila, Naifah and Putri Setiani, ST. MES, Ph.D (2024) Analisis Kecukupan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Sebagai Emisi Gas Karbondioksida (CO2) Di Kawasan Jalan Jendral Sudirman Kota Gorontalo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan Kota Gorontalo sebagai Ibukota Provinsi Gorontalo mengalami peningkatan yang cukup pesat. Salah satu indikator tersebut ditunjukkan oleh peningkatan jumlah kendaraan bermotor yang terus mengalami kenaikan setiap tahunnya. Kondisi ini mengakibatkan jalan-jalan semakin padatnya jalan-jalan di Kota Gorontalo khususnya pada jam-jam sibuk yaitu pada pagi dan sore hari. Jumlah kendaraan bermotor yang terus mengalami peningkatan memberikan konstribusi besar terhadap meningkatnya pencemaran lingkungan khususnya pencemaran udara pada kawasan perkotaan. Hal ini terjadi pada sebagian besar jalan-jalan utama di Kota Gorontalo. Oleh karena itu diperlukan penataan jalur hijau sebagai bagian dari Ruang Terbuka Hijau (RTH) untuk mengurangi kepadatan di jalan-jalan pada kawasan perkotaan. serta memberikan fungsi ekologis dan estetika dalam mengurangi kerusakan lingkungan melalui pencemaran udara yang diakibatkan oleh semakin meningkatnya kendaraan bermotor di Kota Gorontalo. Penelitian ini bertujuan untuk menyusun pola penataan dan arahan Ruang Terbuka Hijau (RTH) berupa jalur hijau di Kota Gorontalo. Tujuan Penelitian ini yaitu mengetahui emisi CO2 yang dihasilkan dari aktivitas kendaraan bermotor dan untuk mengetahui kecukupan ruang terbuka hijau (RTH) dan vegetasi dalam menyerap emisi CO2 yang dihasilkan oleh aktivitas kendaraan bermotor di jalan Jendral Sudirman Kota Gorontalo. Metode penelitian deskriptif kuantitatif yaitu unutk mendeskripsikan hasil perhitungan emisi CO2 dan kecukupan daya serap ruang terbuka hijau, penelitian ini menggunakan dua jenis data, yaitu data primer dan data sekunder literatur.Penelitian akan dilaksanakan dengan 3 (tiga) kali pengambilan sampel dalam kurun waktu sehari di jam 06.00 – 07.00 pagi, 12.00 – 13.00 siang, dan 16.00-17.00 di waktu sore hari. Hal ini dikarenakan pada waktu tersebut terjadi kenaikan jumlah kendaraan yang menghasilkan lebih banyak emisi CO2. Pemilihan lokasi ini didasarkan pada fungsi jalan dan posisi jalan dengan frekuensi kendaraan yang melintas cukup tinggi sehinngga diperlukan penataan jalur hijau untuk meminimalisir pencemaran, memberikan fungsi keamanan dan kenyamanan bagi pengguna jalan. Hasil penelitian, menunjukan ruang terbuka hijau yang ada di ruas Jalan Jendral Sudirman Kota Gorontalo, tidak cukup menyerap emisi CO2 di ruas Jalan Jendral Sudirman Kota Gorontalo. Total beban emisi CO2 yang dihasilkan dari aktivitas kendaraan bermotor sebesar 267.144,60 ton CO2/tahun, Sedangkan total daya serap vegetasi terhadap emisi sebesar 247.281,19 ton CO2/tahun. Sehingga emisi CO2 dari aktivitas kendaraan sebesar 74,54% dan sisa emisi yang tidak terserap oleh vegetasi yang ada di Jalan Jendral Sudirman sebesar 25,46%
English Abstract
The development of Gorontalo City as the capital of Gorontalo Province has experienced quite rapid growth. One of these indicators is shown by the increasing number of motorized vehicles which continues to increase every year. This condition results in increasingly congested roads in Gorontalo City, especially during peak hours, namely in the morning and evening. The number of motorized vehicles that continues to increase has contributed greatly to increasing environmental pollution, especially air pollution in urban areas. This occurs on most of the main roads in Gorontalo City. Therefore, it is necessary to arrange green lanes as part of Green Open Space (RTH) to reduce congestion on roads in urban areas. as well as provide ecological and aesthetic functions in reducing environmental damage through air pollution caused by the increasing number of motorized vehicles in Gorontalo City. This study aims to compile a pattern of arrangement and direction for Green Open Space (RTH) in the form of green lanes in Gorontalo City. The purpose of this study is to determine the CO2 emissions generated from motor vehicle activities and to determine the adequacy of green open space (RTH) and vegetation in absorbing CO2 emissions generated by motor vehicle activities on Jalan Jendral Sudirman, Gorontalo City. The quantitative descriptive research method is to describe the results of the calculation of CO2 emissions and the adequacy of the absorption capacity of green open space, this study uses two types of data, namely primary data and secondary literature data. The study will be carried out with 3 (three) sampling times within a day at 06.00 - 07.00 in the morning, 12.00 - 13.00 noon, and 16.00-17.00 in the afternoon. This is because at that time there is an increase in the number of vehicles that produce more CO2 emissions. The selection of this location is based on the function of the road and the position of the road with a fairly high frequency of passing vehicles so that green lane arrangements are needed to minimize pollution, provide safety and comfort functions for road users. The results of the study showed that the green open space on Jalan Jendral Sudirman, Gorontalo City, was not sufficient to absorb CO2 emissions on Jalan Jendral Sudirman, Gorontalo City. The total CO2 emission load generated from motor vehicle activities was 267,144.60 tons of CO2/year, while the total absorption capacity of vegetation for emissions was 247,281.19 tons of CO2/year. So that CO2 emissions from vehicle activities were 74.54% and the remaining emissions that were not absorbed by vegetation on Jalan Jendral Sudirman were 25.46%.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524100273 |
Uncontrolled Keywords: | Emisi CO2, Ruas jalan Jendral Sudirman, RTH- CO2 Emissions, Jendral Sudirman Street, Green Open Space |
Divisions: | Fakultas Teknologi Pertanian > Keteknikan Pertanian |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 09 Dec 2024 07:50 |
Last Modified: | 09 Dec 2024 07:50 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230536 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Naifah Salsabila.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
View Item |