Analisis Motivasi Corporate Social Responsibility: Perspektif Konsep Piramida Hierarki Csr

Gusti, Lita Fitriya Wahyuning and Prof. Eko Ganis Sukoharsono, SE., M.Com.Hons., Ph.D (2024) Analisis Motivasi Corporate Social Responsibility: Perspektif Konsep Piramida Hierarki Csr. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi motivasi pelaksanaan CSR pada PT. Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk dan menganalisis hasil temuan motivasi CSR dengan konsep Piramida Hierarki CSR. Corporate Social Responsibility adalah komitmen sukarela perusahaan untuk berperilaku tepat, adil, dan bertanggung jawab terhadap lingkungan di mana perusahaan beroperasi. Metode penelitian ini adalah kualitatif non-positivis dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini berhasil menemukan bahwa motivasi CSR pada Bank Jatim didasari oleh dorongan untuk patuh terhadap hukum, keinginan memperoleh pengakuan dan reputasi, perolehan keuntungan, rasa bertanggung jawab terhadap masyarakat lokal, keinginan untuk meningkatkan pendidikan dan kesehatan masyarakat, usaha pemberdayaan masyarakat, upaya pelestarian lingkungan, adanya kesadaran transedental, dan pemenuhan terhadap tanggung jawab etis. Motivasi yang melatarbelakangi implementasi CSR pada Bank Jatim merupakan upaya untuk mewujudkan kondisi True Win Win Situation antar pemangku kepentingan, upaya mewujudkan Community Assistance atau penyelesaian masalah masyarakat secara parsial, dan upaya pemenuhan Ethical Responsibilities atas kegiatan operasional Bank. Beberapa konsep motivasi CSR Bank Jatim yang menjadi temuan dalam penelitian ini dianalisis dan disimpukan telah memenuhi semua dimensi indikator yang ada pada konsep Piramida Hierarki CSR. Namun peneliti menemukan motivasi lain diluar indikator konsep Piramida Hierarki CSR yaitu upaya pemenuhan tanggung jawab etis. Penelitian ini memiliki beberapa implikasi yakni secara teoritis menambah penelitian paradigma non-positivistik di bidang akuntansi khususnya akuntansi sosial dengan menggunakan pendekatan studi kasus, secara praktis dapat memberikan gambaran kepada perusahaan di sektor lainnya agar dapat melakukan perkembangan-perkembangan dan menyesuaikan program pelaksanaan CSR dengan permasalahan atau kasus yang sedang terjadi, serta secara kebijakan dapat memberikan masukan terhadap kebijakan kepada regulator khususnya untuk Lembaga OJK yang bertugas menegakkan hukum melalui berbagai kebijakan dan peraturan dalam bidang perbankan

English Abstract

The objectives of this research are to explore the motivation behind the implementation of CSR by PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk and to analyze the discovered motivation using the CSR Hierarchical Pyramid concept. Corporate Social Responsibility is companies’ voluntary commitment to act appropriately, fairly, and responsibly to the environment where they are operating in. The data of this qualitative non-positivistic case study was harvested from observations, interviews, and documentation. It was discovered that Bank Jatim ran its CSR programs to comply with the law, to gain acknowledgement and good reputation, to get profits, to show their sense of responsibility to the local communities, to increase people’s education and health, to empower the society, to preserve the environment, to address its transcendental awareness, and to fulfill its ethical responsibility. These motivations are efforts to reach the true winwin situation between the stakeholders, to create community assistance or the settlement of community issues in partial manners, and to fulfill the ethical responsibilities of the bank’s operational activities. The discovered concepts of motivations behind Bank Jatim’s CSR were analyzed, through which a conclusion was made, in that they have fulfilled all dimensions of indicators in the concept of CSR Hierarchical Pyramid. However, this research discovers another motivation which is not an indicator of the said concept, that is the fulfillment of ethical responsibilities. Based on the findings above, this study enriches literatures in nonpositivistic social accounting research that uses case study approach. It also provides illustrations for companies in other sectors about how to make developments and adjustments in CSR programs so that the activities can solve issues and problems. The results of this study provides inputs for regulators, especially for OJK as a law enforcer, through policies and rules in banking.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042402
Uncontrolled Keywords: Corporate Social Responsibility, Piramida Hierarki CSR, True WinWin Solution, Community Assistance, Ethical Responsibility.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 24 Dec 2024 01:28
Last Modified: 24 Dec 2024 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230515
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Lita Fitriya Wahyuning Gusti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item