Implementasi Sistem Informasi Manajemen Layanan Pesan-Antar Berbasis Web Terhadap Penurunan Waktu Pengiriman Pada Proses Pengiriman Elpiji (Studi Kasus: Toko Anton)

Nengsih, Sulistia and Dr. Fajar Pradana, .ST., M.Eng. and Mochamad Chandra Saputra, S.Kom., M.Eng., M.T., Ph.D (2024) Implementasi Sistem Informasi Manajemen Layanan Pesan-Antar Berbasis Web Terhadap Penurunan Waktu Pengiriman Pada Proses Pengiriman Elpiji (Studi Kasus: Toko Anton). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas permasalahan yang dihadapi oleh Toko Anton dalam proses layanan pesan-antar elpiji di wilayah Jakarta Barat. Permasalahan utama yang diidentifikasi meliputi keterlambatan pengiriman akibat miskomunikasi, kesulitan dalam pencarian rute, dan kurir yang lupa mengirimkan pesanan. Dalam mengatasi permasalahan tersebut, penelitian ini mengusulkan implementasi sistem informasi manajemen layanan pesan-antar dengan fitur rute pengiriman, pengingat pesanan yang belum dikirim, dan pencatatan detail pesanan. Sistem informasi yang dikembangkan menggunakan metode SDLC waterfall dengan mengusung pendekatan OOP dan arsitektur three-tier. Pengujian dilakukan untuk memastikan sistem yang dihasilkan dapat berjalan dengan baik, dengan tingkat keberhasilan 100% pada 34 skenario pengujian whitebox dan 24 skenario pengujian blackbox. Pengujian usabilitas menunjukkan tingkat kegagalan kurang dari 5%, yang menandakan bahwa sistem mudah digunakan. Data yang dikumpulkan selama 9 hari menunjukkan perbedaan signifikan dalam durasi waktu pengiriman antara sistem manual dan sistem berbasis web, dengan nilai pvalue sebesar 0,002. Hasil ini mendukung hipotesis bahwa terdapat perbedaan signifikan dalam durasi waktu pengiriman antara sistem manajemen layanan pesan-antar manual dan sistem manajemen layanan pesan-antar berbasis web di Toko Anton. Dengan rata-rata lama pengiriman setelah implementasi sistem informasi lebih singkat dibandingkan dengan sebelum implementasi sistem informasi.

English Abstract

This study addresses the problems faced by Toko Anton in their LPG delivery service in West Jakarta. The main issues identified include delivery delays due to miscommunication, difficulties in route finding, and couriers forgetting to deliver orders. To address these issues, this study proposes the implementation of a delivery management information system with features for route planning, reminders for undelivered orders, and order detail recording. The information system was developed using the waterfall SDLC method with an OOP approach and three-tier architecture. Testing was conducted to ensure the system operates correctly, achieving a 100% success rate in 34 whitebox testing scenarios and 24 blackbox testing scenarios. Usability testing showed a failure rate of less than 5%, indicating the system is easy to use. Data collected over 9 days showed a significant difference in delivery time between the manual system and the web-based system, with a p-value of 0,002. These results support the hypothesis that there is a significant difference in delivery time between the manual delivery management system and the web-based delivery management system at Toko Anton, with the average delivery time being shorter after the implementation of the information system.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524150326
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 06 Dec 2024 08:14
Last Modified: 06 Dec 2024 08:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230457
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Sulistia Nengsih.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item