Pratiwi, Candra and Dr. Irwan Noor, MA and Dr. Mochammad Rozikin, MAP (2024) Pengaruh Kompetensi Tenaga Kependidikan dan Kualitas Layanan Administrasi Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Studi Pada Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya). Magister thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kepuasan mahasiswa merupakan salah satu komponen yang berpengaruh pada kegiatan perguruan tinggi dan tentunya dipengaruhi oleh banyak hal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis terkait dengan: (1) pengaruh kompetensi tenaga kependidikan terhadap kepuasan mahasiswa; (2) pengaruh kualitas layanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa; serta (3) pengaruh kompetensi tenaga kependidikan dan kualitas layanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa di Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory melalui survei. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 354 mahasiswa jenjang Sarjana Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mencakup statistik deskriptif, Structural Equation Modelling dengan metode analisis Partial Least Square (SEM PLS), serta Importance Performance Analysis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi tenaga kependidikan terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 10,6%; (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kualitas layanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 84,9%; serta (3) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi tenaga kependidikan dan kualitas layanan administrasi terhadap kepuasan mahasiswa sebesar 87,1%. Selain itu berdasarkan analisis IPA, indikator kompetensi kepribadian dalam variabel kompetensi tenaga kependidikan yang dianggap penting oleh mahasiswa, pada kenyataannya belum sesuai dengan harapan mahasiswa. Kemudian indikator berpusat pada mahasiswa dan pelayanan prima dalam variabel kualitas layanan administrasi dianggap kurang penting oleh mahasiswa, dan kenyatannya kinerjanya tidak terlalu memuaskan. Lalu untuk indikator jaminan dalam variabel kepuasan mahasiswa, dianggap kurang penting oleh mahasiswa dan kenyatannya kinerjanya tidak terlalu memuaskan. Oleh karena itu, perlunya monitoring dan evaluasi secara rutin dan berkesinambungan untuk mengontrol kompetensi yang dimiliki oleh masing masing tenaga kependidikan. Lalu perlu dilakukan analisis lebih lanjut terhadap item-item dalam indikator berpusat pada mahasiswa dan pelayanan prima. Sehingga dapat diketahui apa saja yang perlu dikurangi agar lebih fokus terhadap layanan yang berpengaruh positif pada kepuasan mahasiswa, serta tetap memperhatikan standar pelayanan administrasi yang tepat. Perlu adanya ketentuan ketepatan waktu untuk mahasiswa memperoleh layanannya, misalnya mahasiswa diberi jangka waktu dalam 3 hari kedepan kembali lagi dan sudah dipastikan layanan tersebut selesai.
English Abstract
Student satisfaction is one of the components that influences college activities and is of course influenced by many things. This research aims to determine and analyze the effects of: (1) the influence of the competence of educational staff on student satisfaction; (2) the influence of the quality of administrative services on student satisfaction; and (3) the influence of the competence of educational staff and the quality of administrative services on student satisfaction at the Faculty of Administrative Sciences, Brawijaya University. The research method used is quantitative with an explanatory type of research through surveys. The total sample used in this research was 354 students at the Bachelor's level at the Faculty of Administrative Sciences, Brawijaya University. Data analysis used in this study included descriptive statistics, Structural Equation Modeling with Partial Least Square (SEM PLS) analysis methods, and Importance Performance Analysis. The research results show that: (1) there is a positive and significant influence between the competency of educational staff on student satisfaction of 10.6%; (2) there is a positive and significant influence between the quality of administrative services on student satisfaction of 84.9%; and (3) there is a positive and significant influence between the competency of educational staff and the quality of administrative services on student satisfaction of 87.1%. Apart from that, based on the science analysis, the personality competency indicators in the competency variables for educational staff which are considered important by students are not in fact in line with student expectations. Then the indicator centers on students and excellent service in the quality variables of administrative services is considered less important by students, and in reality the performance is not very satisfactory. Then, for the guarantee indicator in the student satisfaction variable, it is considered less important by students and in fact their performance is not very satisfactory. Therefore, there is a need for regular and continuous monitoring and evaluation to control the competencies possessed by each educational staff. Then it is necessary to carry out further analysis of the items in the indicator centred on students and excellent service. So you can know what needs to be reduced to focus more on services that have a positive influence on student satisfaction, and still pay attention to appropriate administrative service standards. There needs to be provisions for punctuality for students to obtain their services, for example students are given a period of time within the next 3 days and it is certain that the service will be completed.
Item Type: | Thesis (Magister) |
---|---|
Identification Number: | 042403 |
Uncontrolled Keywords: | Kompetensi Tenaga Kependidikan, Kualitas Layanan Administrasi, Kepuasan Mahasiswa, Perguruan Tinggi. |
Divisions: | S2/S3 > Magister Manajemen Pendidikan Tinggi, Fakultas Ilmu Administrasi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 06 Sep 2024 07:36 |
Last Modified: | 06 Sep 2024 07:36 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230425 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Candra Pratiwi.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
View Item |