Analisis Sentimen Data Ulasan Aplikasi Pegadaian Digital Menggunakan Metode Support Vector Machine

Firalya, Cantika and Dr. Ir. Dian Eka Ratnawati, S.Si., M.Kom and Nanang Yudi Setiawan, S.T., M.Kom. (2024) Analisis Sentimen Data Ulasan Aplikasi Pegadaian Digital Menggunakan Metode Support Vector Machine. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian bertujuan untuk menganalisis data ulasan pengguna aplikasi Pegadaian Digital. Penelitian ini menggunakan metode klasifikasi Support Vector Machine. Pegadaian meluncurkan layanan digital yang bernama Pegadaian Digital, yaitu aplikasi mobile dan web yang memungkinkan nasabah dan calon nasabah untuk melakukan berbagai transaksi Pegadaian secara online. Aplikasi mobile Pegadaian Digital Dapat di unduh pada Google Play. Tingkat kepuasan pengguna Pegadaian Digital dapat dilihat pada nilai rating di Play Store yang saat ini memiliki nilai 3.7 dari skala 5 (per 5 Mei 2024). Rating tersebut menunjukan ketidakpuasan dan banyak kendala yang dialami para pengguna ketika menggunakan aplikasi. Penelitian akan memperoleh data ulasan menggunakan teknik web scraping. Pemberian label pada teks atau data yang menunjukkan sentimen atau opininya. Preprocessing untuk mempersiapkan data. Langkah berikutnya adalah menerapkan pembobotan kata pada dokumen dengan metode TF-IDF, mengubah dokumen menjadi vektor representatif. Support Vector Machine kemudian menganalisis data tersebut untuk membangun model yang bisa digunakan untuk memprediksi kategori dari data baru yang belum diberi label. Pengujian bertujuan untuk menghitung berapa nilai performa dan kinerja klasifikasi Support Vector Machine , yang kemudian di analisis. Hasil analisis akan menghasilkan hasil akhir berupa Root Cause Analysis yang berbentuk diagram fishbone. Hasil pengujian pada analisis sentimen data ulasan aplikasi pegadaian digital menggunakan metode Support Vector Machine memiliki nilai performa dan kinerja yang baik. Pengujian ini membagi data menjadi 90% untuk pelatihan dan 10% untuk pengujian. Perbandingan parameter menunjukkan parameter C=1, dan max_iter=200 memiliki akurasi tertinggi. Pengujian K-Fold Cross Validation menggunakan kernel linear, C=1, dan max_itter=200 menghasilkan bahwa hasil memiliki rata-rata accuracy 92.52%, precision 92.53%, recall 92.52%, dan f1-Score 92.51%. Hasil Root Cause Analysis menemukan 4 permasalahan, seperti aplikasi lambat, kesulitan masuk akun atau login, upgrade akun gagal, tabungan emas tidak masuk.

English Abstract

The research aims to analyze user review data of the Pegadaian Digital application. This research uses the Support Vector Machine classification method. Pegadaian launched a digital service called Pegadaian Digital, which is a mobile and web application that allows customers and prospective customers to conduct various Pegadaian transactions online. The Pegadaian Digital mobile application can be downloaded on Google Play. The level of satisfaction of Pegadaian Digital users can be seen in the rating value on the Play Store which currently has a value of 3.7 on a scale of 5 (as of May 5, 2024). The rating shows dissatisfaction and many obstacles experienced by users when using the application. The research will obtain review data using web scraping techniques. Labeling text or data that shows sentiment or opinion. Preprocessing to prepare the data. The next step is to apply word weighting to documents with the TF-IDF method, converting documents into representative vectors. Support Vector Machine then analyzes the data to build a model that can be used to predict the category of new unlabeled data. Testing aims to calculate how much the performance value and classification performance of Support Vector Machine, which is then analyzed. The analysis results will produce the final result in the form of Root Cause Analysis in the form of a fishbone diagram. The test results on sentiment analysis of Pegadaian Digital application review data using the Support Vector Machine method have good performance and performance values. This test divides the data into 90% for training and 10% for testing. Parameter comparison shows the parameter C = 1, and max_iter = 200 has the highest accuracy. K-Fold Cross Validation testing using a linear kernel, C=1, and max_itter=200 resulted in results having an average accuracy of 92.52%, precision 92.53%, recall 92.52%, and f1-Score 92.51%. Root Cause Analysis results found 4 problems, such as slow applications, difficulty entering accounts or logging in, failed account upgrades, gold savings are not entered.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: analisis sentimen, ulasan, Pegadaian Digital, Support Vector Machine-sentiment analysis, reviews, Pegadaian Digital, Support Vector Machine
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Teknologi Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:42
Last Modified: 05 Dec 2024 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230346
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Cantika Firalya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item