Evaluasi Program Kampanye Public Relations (Studi Deskriptif pada Kampanye “Kerja Keras Bebas Cemas” oleh BPJS Ketenagakerjaan)

Darmawan, Java Chandra and Nilam Wardasari, S.I.Kom., M.I.Kom. (2024) Evaluasi Program Kampanye Public Relations (Studi Deskriptif pada Kampanye “Kerja Keras Bebas Cemas” oleh BPJS Ketenagakerjaan). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas evaluasi program kampanye public relations "Kerja Keras Bebas Cemas" yang diluncurkan oleh BPJS Ketenagakerjaan untuk meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat khususnya pekerja informal dalam program jaminan sosial. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui evaluasi tahapan pelaksanaan dan efek serta dampak yang terjadi setelah dilakukan kampanye. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yang melibatkan wawancara mendalam, dokumentasi, dan observasi online untuk mengumpulkan data. Hasil evaluasi menunjukkan kampanye tersebut berhasil meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat, dibuktikan dari peningkatan signifikan jumlah pendaftaran peserta. Kampanye dijalankan dalam skala nasional, dipimpin oleh Deputi Bidang Komunikasi dan dilaksanakan secara terintegrasi oleh seluruh kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan melalui tahapan yang sistematis. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa kampanye "Kerja Keras Bebas Cemas" berhasil dalam mencapai tujuan meningkatkan kepesertaan dan kesadaran masyarakat, namun perlu penyempurnaan dalam aspek pengukuran pesan dan pemilihan media untuk efektivitas yang lebih tinggi.

English Abstract

This research discusses the evaluation of the public relations campaign "Kerja Keras Bebas Cemas" launched by BPJS Ketenagakerjaan to raise awareness and participation among the public, particularly informal workers, in the social security program. The purpose of this research is to evaluate the implementation stages, effects, and impacts of the campaign. This research employs a descriptive qualitative method involving in-depth interviews, documentation, and online observation to gather data. The evaluation results indicate that the campaign successfully raised public awareness and participation, as evidenced by a significant increase in participant registrations. The campaign was conducted on a national scale, led by the Deputi Bidang Komunikasi and executed integrally by all BPJS Ketenagakerjaan branch offices through systematic stages. The conclusion of this research shows that the "Kerja Keras Bebas Cemas" campaign effectively achieved its goals of increasing participation and public awareness. However, improvements are needed in message measurement and media selection to enhance effectiveness further.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 0524110111
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 05 Dec 2024 07:30
Last Modified: 05 Dec 2024 07:39
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230283
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Java Chandra Darmawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB)

Actions (login required)

View Item View Item