Implementasi Pasal 4 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Akomodasi Yang Layak Untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas Dalam Pemenuhan Akomodasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar

Yudaisnani, Anisah Fa’iq and Dr. Istislam, S.H., M.Hum and Purnama Ningtyas, S.H., M.H. (2024) Implementasi Pasal 4 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020 Tentang Akomodasi Yang Layak Untuk Peserta Didik Penyandang Disabilitas Dalam Pemenuhan Akomodasi Pendidikan Inklusif Di Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini membahas implementasi Pasal 4 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2020. Fokus penelitian adalah pentingnya akomodasi layak untuk mendukung pendidikan inklusif. Penelitian mengevaluasi penerapan Pasal 4 Ayat (1) dalam menyediakan sarana prasarana, dukungan anggaran, tenaga pendidik, dan kurikulum yang sesuai bagi penyandang disabilitas di Sekolah Dasar, khususnya di Kota Malang. Berdasarkan pemaparan permasalahan di atas, rumusan masalah yang diangkat penulis adalah: 1. Bagaimana implementasi Pasal 4 Ayat (1) PP 13/2020 dalam pemenuhan akomodasi pendidikan inklusif yang layak di Sekolah Dasar di Kota Malang? 2. Apa saja hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan Pasal 4 Ayat (1) PP 13/2020 dalam pemenuhan akomodasi pendidikan inklusif yang layak di Sekolah Dasar di Kota Malang? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Yuridis Empiris dengan pendekatan Socio-Legal Research (SLR). Data diperoleh dari sumber primer dan sekunder melalui wawancara dan studi kepustakaan. Analisis data menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Penelitian ini menemukan bahwa implementasi Pasal 4 Ayat (1) PP 13/2020 di Sekolah-Sekolah Dasar di Kota Malang berupaya memenuhi kebutuhan akomodasi pendidikan inklusif melalui dukungan anggaran, sarana prasarana yang memadai, pendidik terlatih, dan kurikulum inklusif. Namun, terdapat hambatan seperti keterbatasan jumlah dan kualitas tenaga pendidik khusus serta adaptasi sarana dan prasarana yang belum sepenuhnya mendukung.

English Abstract

This study discusses the implementation of Article 4 Paragraph (1) of Government Regulation Number 13 of 2020. The focus is on the importance of proper accommodation to support inclusive education. The study evaluates the application of Article 4 Paragraph (1) in providing facilities, budget support, trained educators, and appropriate curricula for students with disabilities in elementary schools, particularly in Malang City. Based on the problem statement above, the research questions raised by the author are: How is the implementation of Article 4 Paragraph (1) of Government Regulation 13/2020 in fulfilling proper inclusive education accommodations in elementary schools in Malang City? What are the obstacles and challenges faced in implementing Article 4 Paragraph (1) of Government Regulation 13/2020 in fulfilling proper inclusive education accommodations in elementary schools in Malang City? This research uses Empirical Juridical research with a Socio-Legal Research (SLR) approach. Data is obtained from primary and secondary sources through interviews and literature studies. Data analysis uses descriptive qualitative techniques. The study found that the implementation of Article 4 Paragraph (1) of Government Regulation 13/2020 in elementary schools in Malang City shows efforts to meet the needs of inclusive education accommodation through budget support, adequate facilities, trained educators, and inclusive curricula. However, there are obstacles such as the limited number and quality of special education teachers and the adaptation of facilities that are not fully supportive.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052401
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 23 Dec 2024 04:41
Last Modified: 23 Dec 2024 04:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230275
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Anisah Fa'iq Yudaisnani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item