Model Marketing Politik Regina Nadya Suwono Pada Pemilu Kota Kediri Tahun 2019

Alisa, Aza Nur and Wawan Sobari, S.IP., MA., Ph.D and Dr. George Towar Ikbal Tawakkal, S.IP., M.Si. (2024) Model Marketing Politik Regina Nadya Suwono Pada Pemilu Kota Kediri Tahun 2019. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Demokrasi erat kaitannya dengan Pemilihan Umum yang digunakan sebagai alat dan memiliki tujuan demokrasi ketika segala kebijakan umum ditentukan atas dasar mayoritas oleh wakil-wakil yang dipilih oleh rakyat melalui teknis pemilihan. Salah satu proses penting dalam pelaksanaan pemilu yaitu kampanye politik yang dilakukan oleh setiap kandidat. Terdapat berbagai jenis model kampanye yang digunakan dalam pemilu oleh setiap kandidat laki-laki dan perempuan. Namun, pada Pemilu 2019 terdapat wajah baru pada model strategi marketing politik pada masa kampanye oleh kandidat perempuan yang berhasil menduduki kursi legislative dengan suara terbanyak. Oleh karena itu, penelitian ini berusaha untuk menjelaskan mengenai model strategi marketing politik yang digunakan oleh salah satu kandidat perempuan di Kota Kediri pada Pemilu 2019 yang berhasil menduduki kursi terbanyak kedua di PDIP Kota Kediri. Penelitian ini juga berusaha mendeskripsikan pola politisi di era modern dalam menghadapi tantangan politik sehingga selaras dengan idealism politik di negara demokrasi yang lekat dengan proses check and balance. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan metode observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model strategi marketing politik yang digunakan oleh Regina Nadya Suwono memiliki model yang rinci dan baru dengan pertemuan secara langsung dengan masyarakat, penggunaan sosial media secara optimal, dan penggunaan pihak ketiga dalam masa kampanye. Hal ini dapat memperkuat penelitian dalam menghadapi kekosongan penelitian sebelumnya yang cenderung menjelaskan bahwa kampanye politik sebagai alat formalitas bagi kandidat perempuan untuk memenuhi kursi keterwakilan politik.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 042411
Uncontrolled Keywords: Demokrasi, Pemilu 2019, Strategi Marketing Politik, Perempuan-
Divisions: S2/S3 > Magister Ilmu Sosial, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
Depositing User: soegeng Moelyono
Date Deposited: 25 Nov 2024 08:45
Last Modified: 25 Nov 2024 08:45
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/230212
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Aza Nur Alisa.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item