Peranan Pemerintah Wilayah Kecamalan dalam Memberikan Pelayancm Masyarakat

Fahmi, Dody Aditya and Prof. Drs. Ismani HP. MA, MA and M. R. Khoirul Muluk, S. sos, Msi (2006) Peranan Pemerintah Wilayah Kecamalan dalam Memberikan Pelayancm Masyarakat. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Akibat krisis yang berkepanjangan berpengaruh terhadap aktifitas yang dilakukan Pemerintah. Di satu sisi Pemerintah dituntut untuk dapat menyelesaikan tugas pemerintahan, pembangunan, dan pelayanan kepada masyarakat secara berdaya guna dan berhasil guna. Padahal disisi lain perkembangan masyarakatpun kian meningkat dengan semakin berkembangnya 1PTEK. Dengan adanya hal terebut tentunya tugas Pemerintah juga semakin berat baik Pemerintah Pusat maupun Pemerintah Daerah dituntut untuk menjalankan tugas dan fungsinya seoptimal mungkin. Perkembangan yang teijadi di masyarakat apabila tidak diimbangi dengan peningkatan kemampuan aparat Pemerintah, sarana dan prasarana yang memadai seringkaii menimbulkan keluhan-keluhan dari masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh Pemerintah. Oleh karena itu, aparat Pemerintah baik di pusat maupun daerah harus dapat mengimbangi tuntutan masyarakat tersebut termasuk dalam hal ini Pemerintah Wilayah Kecamatan juga harus mampu meningkatkan pelayanan khususnya di bidang administrasi. Namun demikian kenyataannya harapan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan yang baik belum terpenuhi sebagaimana mestinya. Berdasarkan latar belakang tersebut maka dirumuskan permasalahan sebagai berikut: “ Bagaimana usaha pemerintah wilayah kecamatan dalam melayani masyarakat ” - Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan atau mendeskripsikan peranan Pemerintah Wilayah Kecamatan dalam melayani masyarakat, usaha Pemerintah Wilayah Kecamatan dalam melayani masyarakat, dan kendala dalam melayani masyarakat. Jenis penelitian yang dipergunakan adalah jenis penelitian deskriptif dimana peneliti berusaha menggambarkan atau mendeskripsikan peranan Pemerintah Wilayah Kecamatan dalam melayani masyarakat sedangkan analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif yaitu dengan menggunakan uraian-uraian atau dengan membaca tabel-tabel yang tersedia untuk selanjutnya dilakukan uraian dan penafsiran. Adapun yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah a.) penunjang peranan Pemerintah Wilayah Kecamatan dalam melayani masyarakat yang meliputi jumlah pegawai, pendidikan dan masa kerja, disiplin pegawai, sarana dan prasarana. b.) pelayanan kepada masyarakat meliputi: pelayanan surat-surat keterangan; usaha Pemerintah Kecamatan dalam melayani masyarakat yang terdiri dari: menetapkan pedoman pelayanan, memanfaatkan sarana dan prasarana secara optimal, meningkatkan kualitas pegawai. c.) kendala dalam melayani masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat Pemerintah Wilayah Kecamatan Bungatan cukup mampu melaksanakan tugas melayani masyarakat karena ditunjang dengan jumlah pegawai yang cukup yaitu sebanyak 17 orang. Namun demikian Pemerintah Wilayah Kecamatan Bungatan mengalami beberapa kendala dalam melayani masyarakat antara lain karena ketidakdisiplinan pegawai dari segi waktu dan kerja, belum lengkapnya sarana dan prasarana dan kurangnya tingkat pendidikan aparat kecamatan yang dapat menghambat kelancaran proses pelayanan kepada masyarakat. Kesimpulannya dalam melaksanakan tugas melayani masyarakat Pemerintah Wilayah Kecamatan Bungatan ditunjang oleh jumlah pegawai yang cukup dengan pendidikan, masa kerja, disiplin pegawai serta sarana dan prasarana yang memadai. Namun dalam pelaksanaanya terdapat kendala yang dapat menghambat proses kelancaran pelayanan kepada masyarakat. Oleh karena itu, disarankan perlunya penataan sistem dan prosedur secara berkesinambungan sesuai dengan tuntutan dan perkembangan masyarakat. Dan hendaknya dalam melayani masyarakat menerapkan sendi-sendi pelayanan yang baik dengan demikian diharapkan dapat terwujud pelayanan yang prima dalam arti cepat, transparan, pasti dan benar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Sep 2024 02:56
Last Modified: 02 Sep 2024 02:56
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229983
[thumbnail of DODY ADITYA FAHMI.pdf] Text
DODY ADITYA FAHMI.pdf

Download (14MB)

Actions (login required)

View Item View Item