Prof. Dr. Unti Ludigdo, SE., M.Si., Ak and Dr. Aji Dedi Mulawarman,, S.P., M.SA (2024) Studi Etnometodologi Proses Pembelajaran Akuntansi pada Lembaga Kursus dan Pelatihan Akuntansi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran akuntansi pada lembaga kursus dan pelatihan akuntansi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif interpretif menggunakan pendekatan etnometodologi dengan maksud untuk melihat hal hal yang berkaitan dengan proses pembelajaran akuntansi pada lembaga kursus dan pelatihan akuntansi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran akuntansi dimulai dengan pembukaan yaitu mengucapkan salam, berdoa, dan penyampaian motivasi 10 menit. Setelah pembukaan penyampaian materi dilakukan dengan menggunakan metode yang berbeda sesuai dengan karakteristik mata ajar. Metode- metode tersebut tediri dari pendidik menerangkan materi, presentasi, praktek langsung, kelompok kecil dan aplication project. Pembelajaran akuntansi diakhiri dengan memberikan tugas untuk merangkum, meyimpulkan materi yang diajarkan, berdoa dan salam. Keseimbangan antara hardskill dan softskill diajarkan dalam proses pembelajaran akuntansi di Lembaga Kursus dan pelatihan. Hardskill diajarkan melalui penyampaian materi dengan berbagai macam metode. Softskill ditanamkan melalui pembiasaan dan keteladanan
English Abstract
The objective of this qualitative interpretive research is to formulate accounting learning process in accounting course and training institutions. Here ethnomethodological approach was used in order to examine matters related to the process of accounting learning in accounting course and training institutions. This study finds that the accounting learning process began with opening consisting of greeting, saying prayers, and delivering motivational speech for 10 minutes. Then, according to the topics, the learning session was conducted in different methods, such as speech by the instructor, presentations, direct practices, small group assignments, and application projects. The learning was closed by assigning to summarize, making conclusions about the delivered materials, saying prayers, and greetings. A Balance between hardskills and softskills is povided in the accounting learning process. Hardskills are taught the delivery of material using various methods. The softskill were instilled in the learning through habituation and giving examples.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052402 |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 03:07 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 03:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229817 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Reza Wahyu Pradita.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |