“Pengaruh Employer Branding Dan Talent Management Terhadap Employee Retention Yang Di Mediasi Oleh Employee Engagement Dan Organizational Trust (Studi Pada Pt Astra Honda Motor)”.

Ekhsan, Muhamad and Prof. Dr. Achmad Sudiro, SE, ME and Dr. Mugiono, SE, MM and Prof. Ananda Sabil Hussein, SE., M.Com., Ph.D., CMA (2024) “Pengaruh Employer Branding Dan Talent Management Terhadap Employee Retention Yang Di Mediasi Oleh Employee Engagement Dan Organizational Trust (Studi Pada Pt Astra Honda Motor)”. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Retensi karyawan merupakan masalah penting bagi organisasi, terutama dalam lanskap kompetitif industri otomotif di Cikarang. Untuk menjawab tantangan ini, penelitian ini mengeksplorasi pengaruh employer branding dan manajemen talenta terhadap retensi karyawan, dengan fokus pada peran mediasi keterlibatan karyawan dan kepercayaan organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model konseptual yang komprehensif yang mengintegrasikan Grand Theory dan Middle Theory untuk mendapatkan wawasan yang lebih dalam tentang faktor-faktor yang mempengaruhi retensi karyawan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif pada PT Astra Honda Motor dengan jumlah sampel sebesar 394 responden. Temuan dari penelitian ini dianalisis dengan menggunakan pemodelan persamaan struktural untuk memeriksa hubungan langsung dan tidak langsung antara variabel. Model konseptual yang diusulkan menawarkan wawasan yang berharga bagi organisasi di industri otomotif untuk meningkatkan strategi retensi karyawan. Dengan memanfaatkan employer branding dan praktik manajemen talenta, organisasi dapat mendorong tingkat keterlibatan karyawan yang lebih tinggi dan membangun kepercayaan di antara karyawan, yang mengarah pada peningkatan tingkat retensi. Pendekatan komprehensif penelitian ini, yang mengintegrasikan Grand Theory dan Middle Theory, memberikan pemahaman holistik tentang retensi karyawan pada PT Astra Honda Motor. Penelitian ini berkontribusi pada literatur yang ada tentang retensi karyawan dan menyoroti pentingnya menumbuhkan lingkungan kerja yang positif yang selaras dengan nilai-nilai dan aspirasi karyawan. Rekomendasi berdasarkan temuan penelitian ini dapat membantu perusahaan otomotif mengembangkan inisiatif retensi yang disesuaikan untuk mempertahankan talenta terbaik, mempertahankan keunggulan kompetitif, dan mencapai kesuksesan organisasi jangka panjang.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 062403
Uncontrolled Keywords: Employer Branding, Talent Management, Organizational Trust, Employee Engagement, Employee retention
Divisions: S2/S3 > Doktor Ilmu Manajemen, Fakultas Ekonomi dan Bisnis
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Sep 2024 03:19
Last Modified: 05 Sep 2024 03:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229775
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhamad Ekhsan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item