Supiyono, - and Ir. Achmad Wicaksono, M.Eng., Ph.D., IPU. (2024) Pemodelan Perilaku Pengemudi Terhadap Waktu antar Hijau di Simpang Bersinyal Dengan Alat Penghitung Mundur. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Alat Penghitung Mundur atau yang lebih dikenal dengan Countdown Timer adalah alat bantu pada simpang bersinyal yang menayangkan angka pada saat sinyal merah, hijau maupun kuning dengan hitungan mundur. Countdown Timer diharapkan dapat membantu pengemudi dalam berlalu lintas dan membantu mempersiapkan pengemudi dalam menunggu nyala hijau, sehingga tidak ada keterlambatan saat start, agar fungsi simpang lebih maksimal. Waktu antar Hijau adalah waktu antara nyala hijau dan nyala merah. Dimana semua lengan nyala merah, yang berfungsi untuk memberi keamanan bagi kendaraan di lengan yang nyala hijau menuju merah. Besarnya Waktu antar Hijau antara 4 detik atau 5 detik, tergantung dari lebar simpang. Tiga detik merupakan nyala kuning dan sisanya nyala merah yang berfungsi untuk membersihkan sisa kendaraan di lengan yang sudah selesai nyala hijaunya. Penelitian ini bertujuan mencari pengaruh perilaku pengemudi di simpang bersinyal disaat Waktu antar Hijau karena adanya Countdown Timer, serta untuk memberi masukan kepada staek holder pengaruh dari pemasangan Countdown Timer terhadap perilaku pengemudi. Tahapan dari penelitian meliputi survai kuesioner untuk mengetahui persepsi dari pengemudi terhadap pemasangan Countdown Timer di simpang bersinyal, dilakukan secara manual dan online (karena pandemi Covid-19). Survai kuesioner ini dilakukan di 3 kota: Kota Malang, Kota Probolinggo dan Kota Sragen. Tahap kedua melakukan tabulasi data kuesioner. Tahap ketiga melakukan Uji Regresi logistik Biner dengan SPSS 20 dan Uji Hipotesis. Tahap keempat melakukan interpretasi dari hasil Uji Regresi Logistik Biner. Tahap kelima membuat interpretasi dan penarikan kesimpulan. Tahap terakhir melakukan survai langsung di simpang – simpang untuk pembanding survai kuesioner. Survai langsung di lapangan meliputi perekaman lalu lintas dengan metode Time Slice, untuk merekam gerakan setiap kendaraan pada saat Waktu antar Hijau dan untuk mengetahui lalu lintas harian rata-rata dari setiap simpang yang ditinjau (terdiri dari empat simpang di Kota Malang, tiga simpang di Kota Probolinggo dan dua simpang di Kota Sragen). Setelah itu dilakukan tabulasi data lalulintas. Tabulasi datanya meliputi jumlah kendaraan yang melaju saat nyala hijau, saat nyala kuning, saat merah. Setelah itu dilakukan pembandingan antara survai kuesioner dan survai langsung ini.
English Abstract
Countdown Tool or better known as Countdown Timer is an assisting tool at signalized intersections that displays numbers during red, green, or yellow signals with a countdown. The Countdown Timer is expected to aid drivers in traffic and help them prepare for the green light, ensuring no delays at the start, thus optimizing intersection functionality. Intergreen Period is the time between green and red. Where all the arms are red, which serves to provide security for vehicles on the arms that are green to red. Usually the magnitude of 4 seconds or 5 seconds, depending on the width of the intersection. Three seconds is a yellow flame and the rest is a red flame that works to clean the rest of the vehicle in the arm that has finished the green flame. This study aims to look for the influence of driver behavior at the signal intersection during the Intergreen Period due to the Countdown Timer. The research process includes a traffic recording survey, a questionnaire survey and a survey of agencies. Recording (Time Slice method) to record the movement of each vehicle during the Intergreen period and to find out the average daily traffic of each intersection reviewed (consisting of four intersections in Malang City, three intersections in Probolinggo City and two intersections in Sragen City). Questionnaire survey to determine the perception of the driver of the installation of the Countdown Timer at the signal intersection, is done manually and online (due to the Covid-19 pandemic). Survey to the office to find out supporting data, such as the number of vehicles, both two-wheeled and four-wheeled. After the survey is completed a statistical test with SPSS 20. Which includes Regression Test, Validity Test, Reliability Test, Normality Test, Linearity Test and Hypothesis Test. After the test, new interpretations and conclusions are made.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Identification Number: | 0624070133 |
Uncontrolled Keywords: | Perilaku pengemudi, Waktu antar Hijau, Simpang bersinyal dan Alat Penghitung Mundur. |
Divisions: | S2/S3 > Doktor Teknik Sipil, Fakultas Teknik |
Depositing User: | S Sucipto |
Date Deposited: | 29 Aug 2024 06:27 |
Last Modified: | 29 Aug 2024 06:27 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229693 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Supiyono.pdf Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Actions (login required)
View Item |