Ralind, Ardhitian Herdhiantha and Dr. Zaki Baridwan,, Ak., CA., CPA, CLI, and Dr. Dra. Arum Prastiwi, M.Si., Ak. (2024) aktor Yang Mempengaruhi Efektivitas Sistem Informa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini bertujuan menguji secara empiris pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, dukungan manajemen terhadap persepsi manfaat, kepeuasan pengguna dan efektivitas sistem informasi akuntansi (SIA). Sampel yang digunakan sebanyak 143 responden dari pengguna SAKTI di Pusat Pengendalian Lumpur Sidoarjo, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, dan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional Jawa Timur-Bali Kementerian PUPR. Riset ini menggunakan data primer yang diperoleh dari kuesioner. Teknik pengumpulan data menggunakan convenience sampling dan teknik analisis data menggunakan SEM-PLS. Hasil analisis kualitas sistem tidak berpengaruh pada kepuasan pengguna, kualitas informasi tidak berpengaruh pada persepsi manfaat, kualitas sistem berpengaruh pada persepsi manfaat, kualitas informasi berpengaruh pada kepuasan pengguna,dukungan manajemen berpengaruh terhadap kepuasan pengguna dan persepsi manfaat, persepsi manfaat berpengaruh pada kepuasan pengguna dan efektivitas SIA, kepuasan pengguna berpengaruh pada efektivitas SIA. Implikasi dari penelitian ini adanya modifikasi model untuk mengukur efektivitas sistem informasi akuntansi dan juga sebagai referensi untuk perbaikan pada aplikasi SAKTI dikemudian hari.
English Abstract
The purpose of this study is to empirically assess the effects of system quality, information quality, and managerial support on perceived benefit, user satisfaction and the effectiveness of accounting information system. The respondents are SAKTI users in the LUSI Control Center, BBWS Brantas, and East Java-Bali National Road Implementation Agency of the Ministry of Public Works and Housing. This study uses primary data harvested from questionnaires distributed to respondents selected via convenience sampling and analyzed using SEM-PLS. The results indicate that system quality does not influence user satisfaction, that information quality does not affect perceived benefit, that system quality influences perceived benefit, that information quality affects user satisfaction, and that managerial support affects user satisfaction and perceived benefit. This study also finds that perceived benefit influences user satisfaction and the effectiveness of the accounting information system, and that user satisfaction affects the effectiveness of the accounting information system. These findings imply the necessity to modify the model used to measure the effectiveness of the current accounting information system and can be used as a reference for the improvement of SAKTI in later days.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052402 |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Unnamed user with username nova |
Date Deposited: | 16 Dec 2024 01:51 |
Last Modified: | 16 Dec 2024 01:51 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229553 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
ArdhitianHerdhianthaRalind.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |