Praktik Transparansi dan Model Bisnis Berkelanjutan (Studi pada Perusahaan Bersertifikasi B Corp di Indonesia)”.

Febryanti, Amalia and Anita Wijayanti, S.E., M.SA., Ak. (2024) Praktik Transparansi dan Model Bisnis Berkelanjutan (Studi pada Perusahaan Bersertifikasi B Corp di Indonesia)”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana model bisnis berkelanjutan dan transparansinya dipraktikan oleh perusahaan-perusahaan bersertifikasi B Corp di Indonesia. Fenomena diadopsinya sertifikikasi B Corp oleh perusahaan-perusahaan yang peduli terhadap aspek sosial, lingkungan, dan tata kelola di Indonesia memunculkan pertanyaan sejauh mana mereka berkomitmen secara terbuka kepada publik. Di sisi lain, konsep berkelanjutan yang digaungkan sangat perlu untuk diidentifikasi sehingga semakin banyak perusahaan di Indonesia yang juga dapat mencontohnya. Pendekatan kualitatif dalam memahami kedua praktik tersebut dilakukan melalui analisis konten terhadap 24 situs web perusahaan bersertifikasi B Corp. Pengumpulan data dilakukan sejak bulan Februari hingga Juni 2024. Instrumen model bisnis berkelanjutan dilakukan dengan analisis nilai yang terdiri dari proposisi, penciptaan, dan tangkapan nilai. Instrumen transparansi diturunkan dari kerangka penilaian sertifikasi B Corp yang mencakup unsur tata kelola, karyawan, komunitas, lingkungan, dan konsumen. Temuan penelitian menggambarkan bahwa model bisnis berkelanjutan disusun berdsarkan masalah ekonomi, sosial, atau lingkungan yang ditemui dimasyarakat yang kemudian diturunkan dalam beragam aktivitas berdampak pada kesejahteraan dan kelestarian lingkungan. Transparansi dicermimkan dalam tanggungjawab atas tatakelola, pekerja, masyarakat, lingkungan, dan konsumen perusahaan. Di mana dimensi kemudahan dan kerahasiaan yang paling banyak diungkapkan, sedangkan dimensi pekerja yang paling sedikit diungkapkan. Hasil penelitian berimplikasi pada perluasan indikator dalam memahami masing-masing tahapan analisis nilai dan menggambarkan bagaimana perusahaan memaksimalkan penggunaan situs web dalam memberikan informasi kepada publik. Terakhir, hasil penelitian memberikan penguatan pada teori pemangku kepentingan dan legitimasi.

English Abstract

This research aims to explore how sustainable business models and their transparency are implemented by B Corp certified companies in Indonesia. The B Corp certification adoption phenomena by companies concerning about social, environmental and governance aspects in Indonesia raises the question of how far they are committed openly to the public. On the other hand, it is necessary to identify the concept of sustainability that more companies in Indonesia can emulate. A qualitative approach in understanding these two implementations is conducted through content analysis of 24 B Corp certified company websites, involving data collected from February to June 2024. The sustainable business model instrument is conducted by value analysis consisting of value proposition, creation and capture. The transparency instrument is derived from the B Corp certification assessment framework which includes governance, employees, community, environment and consumers. The research findings exhibit that sustainable business models are structured based on economic, social or environmental problems encountered in society which are then translated into various activities that have an impact on welfare and environmental sustainability. Transparency is reflected in responsibility for corporate governance, workers, society, the environment and consumers, in which the convenience and confidentiality dimensions are the most frequently disclosed, while the employee dimensions are the least. The research results have the implications for expanding indicators in understanding each stage of value analysis and illustrate how companies maximize the use of websites as an information provider to the public. Finally, the research results provide reinforcement to stakeholder and legitimacy theory.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052402
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 16 Dec 2024 01:48
Last Modified: 16 Dec 2024 01:48
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229539
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Amalia Febryanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item