Albertian, Dennis Hans and Andi Reza Perdanakusuma,, S.Kom., M.MT and Niken Hendrakusma Wardani,, S.Kom., M.Kom. s (2024) Analisis Dan Evaluasi Proses Bisnis Menggunakan Lean Six Sigma Framework (Studi Kasus: Orino Pet Shop. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Industri jasa dalam penyediaan layanan dan produk untuk hewan peliharaan di Indonesia saat ini sedang mengalami pertumbuhan yang pesat seiring dengan meningkatnya kesadaran masyarakat akan pentingnya kesejahteraan hewan. Dalam persaingan bisnis yang kompetitif, pengelolaan organisasi dan operasional yang efektif menjadi kunci keberhasilan bagi perusahaan di sektor ini. Namun, untuk meraih kunci keberhasilan itu ada banyak tantangan. Hal ini yang menjadi fokus penelitian yang dilakukan di Orino Pet Shop. Orino Pet Shop merupakan sebuah toko hewan peliharaan yang menyediakan layanan kesehatan untuk kucing dan juga kebutuhan untuk hewan peliharaan lainnya yang berlokasi di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi proses bisnis pada penjadwalan cat hotel dan grooming di Orino Pet Shop. Untuk melakukan perbaikan proses bisnisnya, dilakukan pemodelan untuk memahami alur proses penjadwalan dan mengetahui waktu terjadinya hambatan. Selanjutnya, untuk metode perbaikan proses bisnisnya, penelitian ini menggunakan metodologi Lean Six Sigma dan DMAIC sebagai penerapannya. Hasil penelitian ini berupa rancangan alur proses bisnis usulan yang diharapkan mampu mengatasi permasalahan yang dialami oleh Orino Pet Shop. Berdasarkan analisis waktu dari Bizagi, proses bisnis usulan (To-Be) lebih efisien dengan persentase 79,7% atau lebih cepat 16 menit 5 detik dari proses bisnis (As-Is) untuk aktor penjaga tokonya.
English Abstract
The service industry in providing services and products for pets in Indonesia is currently experiencing rapid growth along with increasing public awareness of the importance of animal welfare. In a competitive business environment, effective organizational and operational management is the key to success for companies in this sector. However, achieving this key success comes with many challenges. This is the focus of the research conducted at Orino Pet Shop. Orino Pet Shop is a pet shop that provides health services for cats and also needs for other pets located in Malang City. This research aims to analyze and evaluate the business process of scheduling cat hotel and grooming at Orino Pet Shop. To improve the business process, modeling is done to understand the flow of the scheduling process and determine the time of the bottleneck. Furthermore, for the business process improvement method, this research uses Lean Six Sigma and DMAIC methodology as its application. The result of this research is a proposed business process flow design that is expected to overcome the problems experienced by Orino Pet Shop. Based on time analysis from Bizagi, the proposed business process (To-Be) is more efficient with a percentage of 79.7% or 1 hour 20 minutes faster than the business process (As-Is) for the shopkeeper actor.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052415 |
Uncontrolled Keywords: | ean Six Sigma, Proses Bisnis, Orino Pet ShopBusiness Process, DMAIC, Lean Six Sigma, Orino Pet Shop. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 29 Nov 2024 08:11 |
Last Modified: | 29 Nov 2024 08:11 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229408 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Dennis Hans Albertian.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |