“Analisis Pengaruh Task Technology Fit dan Social Influence Terhadap Niat Penggunaan Keberlanjutan Massive Open Online Course Pada Generasi Z Melalui Perceived Usefulness dan Attitude Toward Using” ini dapat terselesaikan

Alghiffari, Farrell Arrazi and Ir. Yusi Tyroni Mursityo, S.Kom., M.AB and Uun Hariyanti, S.Pd., M.Pd., Ph.D. (2024) “Analisis Pengaruh Task Technology Fit dan Social Influence Terhadap Niat Penggunaan Keberlanjutan Massive Open Online Course Pada Generasi Z Melalui Perceived Usefulness dan Attitude Toward Using” ini dapat terselesaikan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi telah memberikan dampak signifikan pada pendidikan, terutama melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran online (E-Learning) yang menawarkan fleksibilitas dan aksesibilitas tinggi. Massive Open Online Course (MOOC) merupakan salah satu bentuk E-Learning yang memungkinkan peserta didik, khususnya Generasi Z, untuk memilih topik pembelajaran secara bebas. Namun, tingkat penyelesaian kursus pada MOOC masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh task technology fit dan social influence terhadap perceived usefulness, serta dampaknya terhadap attitude toward using dan continuance intention to use MOOC. Dengan menggunakan model struktural CB SEM dan 385 sampel, hasil penelitian menunjukkan bahwa task technology fit dan social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness, yang selanjutnya meningkatkan attitude toward using dan continuance intention to use. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi yang sesuai dan pengaruh sosial dalam meningkatkan persepsi kegunaan MOOC, serta membangun sikap positif guna meningkatkan keberlanjutan penggunaan MOOC oleh Generasi Z.

English Abstract

Perkembangan teknologi komunikasi telah memberikan dampak signifikan pada pendidikan, terutama melalui penggunaan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pembelajaran online (E-Learning) yang menawarkan fleksibilitas dan aksesibilitas tinggi. Massive Open Online Course (MOOC) merupakan salah satu bentuk E-Learning yang memungkinkan peserta didik, khususnya Generasi Z, untuk memilih topik pembelajaran secara bebas. Namun, tingkat penyelesaian kursus pada MOOC masih rendah. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh task technology fit dan social influence terhadap perceived usefulness, serta dampaknya terhadap attitude toward using dan continuance intention to use MOOC. Dengan menggunakan model struktural CB SEM dan 385 sampel, hasil penelitian menunjukkan bahwa task technology fit dan social influence berpengaruh positif dan signifikan terhadap perceived usefulness, yang selanjutnya meningkatkan attitude toward using dan continuance intention to use. Temuan ini menegaskan pentingnya integrasi teknologi yang sesuai dan pengaruh sosial dalam meningkatkan persepsi kegunaan MOOC, serta membangun sikap positif guna meningkatkan keberlanjutan penggunaan MOOC oleh Generasi Z.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: E-Learning, MOOC, Generasi Z, TAM, Task Technology Fit, Social Influence, Continuance Intention-E-Learning, MOOC, Generasi Z, TAM, Task Technology Fit, Social Influence, Continuance Intention
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 28 Nov 2024 08:04
Last Modified: 28 Nov 2024 08:11
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229341
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Farrell Arrazi Alghiffari.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item