Analisis Faktor yang Memengaruhi Attitude Penggunaan Massive Open Online Course pada Generasi Z Menggunakan Technology Acceptance Model Termodifikasi” dapat terselesaikan.

Rahadi, Muhammad Fakhri and Ir. Yusi Tyroni Mursityo,, S.Kom., M.AB., and Uun Hariyanti,, S.Pd., M.Pd., Ph.D (2024) Analisis Faktor yang Memengaruhi Attitude Penggunaan Massive Open Online Course pada Generasi Z Menggunakan Technology Acceptance Model Termodifikasi” dapat terselesaikan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

E-learning merupakan sistem pembelajaran secara elektronik menggunakan gawai yang memungkinkan pengajar serta pelajar tidak perlu datang ke kelas. Massive Open Online Course (MOOC) merupakan salah satu jenis dari e-learning. Meskipun MOOC memudahkan penggunanya karena tidak perlu datang ke kelas, MOOC memiliki tingkat dropout yang cukup tinggi. Tingginya tingkat dropout MOOC menunjukkan perlunya penelitian untuk memahami faktor-faktor yang memengaruhi penggunaan MOOC pada Generasi Z. Penelitian ini menggunakan model Technology Acceptance Model (TAM) termodifikasi untuk menganalisis pengaruh Social Influence, Social Recognition terhadap Attitude penggunaan MOOC pada Generasi Z. Data dikumpulkan melalui survei online terhadap 392 responden Generasi Z di Indonesia dan pertanyaan terbuka untuk menggali lebih lanjut persepsi dan pengalaman pengguna. Hasil analisis kuantitatif dengan teknik covariance-based SEM menunjukkan Social Influence tidak berpengaruh signifikan terhadap Perceived Usefulness dan Perceived Ease of Use. Social Recognition dan Perceived Ease of Use berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perceived Usefulness, yang pada gilirannya berpengaruh positif terhadap Attitude. Social Influence dan Social Recognition menjelaskan 50,8% varians PEOU, 25,4% varians PU, dan 1,8% varians ATU. Temuan kualitatif mengungkapkan bahwa apresiasi dan pengakuan dari lingkungan sekitar, serta dukungan dan interaksi dalam MOOC, berperan penting dalam meningkatkan motivasi dan komitmen peserta didik. Selain itu, kemudahan penggunaan platform MOOC juga menjadi faktor yang berkontribusi pada persepsi positif pengguna. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa platform MOOC perlu fokus pada pengakuan dan apresiasi pengguna, kemudahan penggunaan platform, dan demonstrasi manfaat MOOC untuk meningkatkan attitude penggunaan MOOC pada Generasi Z.

English Abstract

E-learning is an electronic learning system using devices that allows teacher and students do not need to come to class. Massive Open Online Course (MOOC) is a type of e-learning. Even though MOOC make it easier for users because they don't need to go to class, MOOC have a fairly high dropout rate. The high MOOC dropout rate shows the need for research to understand the factors that influence the use of MOOC in Generation Z. This research uses a modified Technology Acceptance Model (TAM) to analyze the influence of Social Influence, Social Recognition on the Attitude of using MOOCs in Generation Z. Data was collected through online survey of 392 Generation Z respondents in Indonesia and open-ended questions to further explore user perceptions and experiences. The results of quantitative analysis using covariance-based SEM techniques show that Social Influence has no significant effect on Perceived Effectiveness and Perceived Ease of Use. Social Recognition and Perceived Ease of Use have a positive and significant effect on Perceived Effectiveness, which in turn has a positive effect on Attitude. Social Influence and Social Recognition explain 50.8% of the PEOU variance, 25.4% of the PU variance, and 1.8% of the ATU variance. Qualitative findings reveal that appreciation and recognition from the surrounding environment, as well as support and interaction in MOOCs, play an important role in increasing students' motivation and commitment. In addition, the ease of use of the MOOC platform is also a factor that contributes to users' positive perceptions. Based on the research results, it was concluded that MOOC platforms need to focus on user recognition and appreciation, ease of use of the platform, and strengthening the benefits of MOOCs to improve the attitude of using MOOC in Generation Z.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Uncontrolled Keywords: MOOC, Generasi Z, Technology Acceptance Model, Social Influence, Social Recognition-MOOC, Generation Z, Technology Acceptance Model, Social Influence, Social Recognition
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:52
Last Modified: 28 Nov 2024 04:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229277
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Fakhri Rahadi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item