“Pengaruh Implementasi Flowgorithm Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 3 Malang Pada Mata Pelajaran Informatika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning” dengan lancar dan sebaik mungkin.

Prima Zulvarina,, S.S., M.Pd. (2024) “Pengaruh Implementasi Flowgorithm Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Sma Negeri 3 Malang Pada Mata Pelajaran Informatika Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning” dengan lancar dan sebaik mungkin. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring meningkatnya perkembangan teknologi, tentunya membawa dampak yang cukup besar pada seluruh aspek kehidupan, terutama pada aspek pendidikan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan media belajar berbasis teknologi sebagai alat penunjang proses pembelajaran, serta pemilihan model dan metode pembelajaran yang tepat juga membawa pengaruh pada proses pembelajaran. SMA Negeri 3 Malang merupakan sekolah yang menerapkan mata pelajaran informatika sebagai salah satu mata pelajaran peminatan. Salah satu sub materi pada mata pelajaran Informatika adalah Algoritma dan Pemrograman. Tujuan penelitian dilakukan untuk menjelaskan adanya pengaruh penggunaan Flowgorithm terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan Quasi Experimental dengan menggunakan desain penelitian Non-Equivalent Control Group. Penelitian dilakukan di kelas XI-G dan XI-H yang mengambil mata pelajaran informatika. Teknik analisis yang digunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas, serta uji hipotesis Mann-Whitney dan Independent T-Test. Berdasarkan hasil pada aspek kognitif diketahui pretest memperoleh nilai sig. 0,788 > 0,05 dan posttest memperoleh nilai 0,690 > 0,05, sehingga hipotesis ditolak dan memperoleh kesimpulan tidak ada pengaruh terhadap hasil belajar aspek kognitif. Pada aspek afektif diperoleh nilai sig. 0,042 < 0,05 sehingga hipotesis diterima yang menyatakan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif. Pada aspek psikomotorik memperoleh nilai sig. 0,001 < 0,05 yang berarti hipotesis diterima yang menyatakan terdapat pengaruh terhadap hasil belajar siswa aspek psikomotorik. Dari ketiga hasil analisis, diketahui bahwa implementasi media Flowgorithm dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning memberikan pengaruh terhadap hasil belajar siswa pada aspek afektif dan psikomotorik, namun tidak berpengaruh pada aspek kognitif.

English Abstract

As technological developments increase, of course it has a big impact on all aspects of life, especially on the educational aspect. This is certainly a challenge for educators to continue to keep up with the times and developments in information technology so that the learning process is not left behind. One effort that can be made is to utilize technology-based learning media as a tool to support the learning process, and selecting appropriate learning models and methods that also have an influence on the learning process. SMA Negeri 3 Malang is a school that applies informatics subjects as one of the specialization subjects. One of the sub materials in the Informatics subject is Algorithms and Programming, in this sub material the teacher still uses the lecture method and has not implemented supporting learning media to support students' understanding of the material. The aim of the research was to explain the influence of the use of Flowgorithms on student learning outcomes in informatics subjects using the Problem Based Learning learning model. This research used Quasi Experimental using a Non Equivalent Control Group research design. The research was conducted in classes XI-G and XI-H which took informatics subjects. The analysis techniques used are the normality test, homogeneity test, and the Mann-Whitney hypothesis test. Based on the results on the cognitive aspect, it is known that the pretest obtained a sig value. 0.788 > 0.05 and the posttest obtained a value of 0.690 > 0.05, so the hypothesis was rejected and the conclusion was that there was no influence on cognitive aspect learning outcomes. In the affective aspect, the sig value is obtained. 0.042 < 0.05 so the hypothesis is accepted, there is an influence on student learning outcomes in the affective aspect. Then the psychomotor aspect obtained a sig value. 0.001 < 0.05 which means the hypothesis is accepted, there is an influence on student learning outcomes in psychomotor aspects. From the three analysis results, it is known that the implementation of Flowgorithm media by applying the Problem Based Learning learning model has an influence on student learning outcomes in the affective and psychomotor aspects, but has no effect on the cognitive aspect.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052415
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 28 Nov 2024 04:24
Last Modified: 28 Nov 2024 04:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229272
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Wulan Della Elfarin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Actions (login required)

View Item View Item