Permana, Adib Aulia and Ir. Satrio Hadi Wijoyo, S.Si., S.Pd., M.Kom. and Andi Reza Perdanakusuma, S.Kom., M.MT (2024) Analisis Pengaruh Live Streaming Shopee oleh Influencer terhadap Minat Beli Konsumen di Kalangan Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Layanan belanja interaktif online khususnya live streaming e-commerce, telah muncul sebagai tren yang berkembang pesat dengan popularitas yang meluas di seluruh dunia. Live streaming di Shopee oleh para influencer telah terbukti menjadi strategi yang sangat efektif untuk meningkatkan penjualan di Indonesia. Live streaming tersebut seringkali melibatkan berbagai influencer dan selebriti terkenal dan berhasil menjual ribuan produk dalam sesi live mereka. Riset ini mengadopsi kerangka kerja SOR (Stimulus, Organism, Response) yang menjelaskan bagaimana lingkungan eksternal dapat memengaruhi kondisi internal dan perilaku seseorang. Riset ini menerapkan metode deskriptif kuantitatif dengan menyebarkan kuesioner, menggunakan teknik non-probability sampling, dengan jenis purposive sampling. Data dikumpulkan melalui survei yang melibatkan 140 responden. Responden yang dipilih adalah mahasiswa aktif angkatan 2019-2023 yang berdomisili di Pulau Jawa dengan tingkat ekonomi menengah keatas. Hasil analisis menemukan bahwa keahlian (expertise) pada influencer dan layanan purna jual (post-sales service) berdampak signifikan pada kepercayaan (trust) konsumen. Disisi lain keahlian (expertise) dan jadwal live streaming (live streaming schedule) memiliki pengaruh yang signifikan pada impulsivitas (impulsiveness) konsumen. Kepercayaan (trust) dan impulsivitas (impulsiveness) merupakan dua variabel pemicu respon berupa minat pembelian (purchasing intention) di kalangan mahasiswa. Riset ini penting dalam konteks transformasi bisnis online, terutama dalam era digital yang semakin berkembang. Melalui analisis pengaruh live streaming Shopee oleh influencer terhadap minat beli konsumen di kalangan mahasiswa, riset ini membantu memahami peran strategi pemasaran baru dalam memengaruhi perilaku konsumen.
English Abstract
Interactive online shopping services, particularly e-commerce live streaming, have emerged as a rapidly growing trend with widespread popularity worldwide. Live streaming on Shopee by influencers has proven to be a highly effective strategy for boosting sales in Indonesia. These live streams often involve various well-known influencers and celebrities and successfully sell thousands of products during their live sessions. This study adopts the SOR (Stimulus, Organism, Response) framework, which explains how external environments can influence an individual's internal conditions and behavior. The study employs a quantitative descriptive method by distributing questionnaires using non-probability sampling techniques, specifically purposive sampling. Data were collected through surveys involving 140 respondents. The selected respondents are active students from the 2019-2023 cohorts residing in Java Island with an upper-middle economic status. The analysis results found that expertise of the influencer and post-sales service significantly impact consumer trust. On the other hand, expertise and live streaming schedules significantly influence consumer impulsiveness. Trust and impulsiveness are two variables that trigger a response in the form of purchasing intention among students. This study is crucial in the context of online business transformation, especially in the rapidly evolving digital era. By analyzing the influence of Shopee live streaming by influencers on consumer purchase intention among students, this research helps to understand the role of new marketing strategies in affecting consumer behavior.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524150315 |
Uncontrolled Keywords: | live streaming, influencer, online shopping, e-commerce, SOR Model- live streaming, influencer, online shopping, e-commerce, SOR Model |
Divisions: | Fakultas Ilmu Komputer > Sistem Informasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 26 Nov 2024 06:35 |
Last Modified: | 26 Nov 2024 06:35 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229242 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Adib Aulia Permana.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |