KONSTRUKSI SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP GENERASI Z SEBAGAI MEDIA INFORMASI MENGENAI FASHION (Studi Fenomenologi pada Generasi Z sebagai Followers Akun Instagram @rachelvennya)

Oktavia, Chory and Mondry KONSTRUKSI SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP GENERASI Z SEBAGAI MEDIA INFORMASI MENGENAI FASHION (Studi Fenomenologi pada Generasi Z sebagai Followers Akun Instagram @rachelvennya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini akan membahas mengenai fenomena konstruksi sosial pada media sosial Instagram yang terjadi pada kalangan Generasi Z dalam mendapatkan informasi tentang fashion. Pada abad ke-20 yakni media sosial berkembang pesat berkat manusia modern saat ini, salah satunya Instagram. Informasi yang disajikan oleh media sosial tersebut cukup beragam, namun peneliti melihat adanya dominasi pada informasi mengenai fashion. Oleh karena itu, fashion menjadi produk utama yang digunakan masyarakat saat ini sebagai bentuk eksistensi. Hal ini, peneliti ingin melihat bagaimana bentuk konstruksi sosial yang terjadi pada kalangan individu tersebut dalam memanfaatkan bentuk perkembangan saat ini. Peneliti juga ingin melihat bagaimana individu tersebut memaknai apa yang terjadi terkait fashion sebagai salah satu dampak yang paling berpengaruh pada diri mereka. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi fenomenologi. Pendekatan fenomenologi digunakan sebagai alat untuk mengamati individu dalam mendefinisikan makna yang disampaikan. Teknik pengambilan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori yang digagas oleh Peter L. Berger dan Thomas Luckmann yaitu Teori Konstruksi Sosial digunakan sebagai kerangka pembahasan. Situs penelitian yang dilakukan yakni pada media sosial Instagram dengan objek penelitian akun Instagram influencer fashion @rachelvennya. Hasil dari penelitian ini adalah Generasi Z mengungkapkan bahwa mereka terkonstruksi oleh fashion yang digunakan Rachel Vennya dalam akun yang dipamerkannya yaitu Instagram. Hal tersebut, ditandai oleh Generasi Z yang menghargai dalam bentuk perasaan mereka seperti penumbuhan citra atau identitas diri, value, dan kreativitas. Dengan demikian, bentuk konstruksi sosial yang terjadi pada individu tersebut merupakan suatu dampak positif yang disalurkan pada diri mereka masing-masing.

English Abstract

This research will discuss the phenomenon of social construction on Instagram social media that occurs among generation z in obtaining information about fashion. In the 20th century, social media developed rapidly thanks to today's modern humans, one of which was Instagram. The information presented by social media is quite diverse, but researchers see a dominance in information about fashion. Therefore,fashion become the main product used by society today as a form of existence. In this case, researchers want to see what forms of social construction occur among these individuals in taking advantage of current forms of development. Researchers also want to see how the individual interprets what happened fashion as one of the most influential impacts on them. Researchers used qualitative research methods with a phenomenological study approach. The phenomenological approach is used as a tool to observe individuals in defining the meaning conveyed. The data collection techniques used were observation, interviews and documentation. This research uses the theory initiated by Peter L. Berger and Thomas Luckmann, namely Social Construction Theory which is used as a discussion framework. The research site carried out was the social media Instagram with the research object being Instagram accounts influencer fashion @rachelvennya. The results of this research are that Generation Z reveals that they are constructed by fashion which Rachel Vennya uses in the account she exhibits, namely Instagram. This is characterized by Generation Z who value the form of their feelings such as growing their self-image or identity,value, and creativity. Thus, the form of social construction that occurs in these individuals is a positive impact that is distributed to each of them.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Uncontrolled Keywords: Konstruksi Sosial, Instagram, Fashion, Generasi Z-Social Construction, Instagram, Fashion, Generation Z
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Sugeng Moelyono
Date Deposited: 26 Nov 2024 05:49
Last Modified: 26 Nov 2024 05:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229197
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Chory Oktavia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Actions (login required)

View Item View Item