Daerobby, Ahmad and Abdul Wahid, S.I.Kom., MA. (2024) Praktik Konvergensi Media Pada Bola.net dan Bola.com dalam Memberitakan Informasi Olahraga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mendorong perubahan dalam kajian media massa. Praktik konvergensi media menjadi salah satu bentuk dari adaptasi industri media massa agar mampu mengikuti perkembangan zaman. Konvergensi media menawarkan efisiensi dalam kerja jurnalistik sehingga media massa mendapatkan berbagai keuntungan di balik penerapannya. Bola.net dan Bola.com sebagai dua media olahraga populer di Indonesia menjadi contoh yang menerapkan konvergensi media. Penelitian ini ingin melihat lebih dalam bagaimana praktik konvergensi media pada Bola.net dan Bola.com khususnya dalam divisi redaksi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif serta paradigm konstruktivis. Pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penentuan narasumber dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling agar mendapatkan keterangan dari narasumber dengan pengetahuan yang dapat dipertanggungjawabkan berdasarkan posisinya. Penelitian ini menggunakan model Convergence Continuum dengan lima tahapan di dalamnya sebagai pisau analisis dalam membedah praktik konvergensi diantara Bola.net dan Bola.com. Selain itu penelitian ini juga menggunakan teori manajemen POAC dalam menelaah manajerial redaksi Bola.net dan Bola.com yang melakukan merger ke dalam satu perusahaan yang sama. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Bola.net dan Bola.com menerapkan hingga tahapan keempat yakni Content Sharing.
English Abstract
The development of information and communication technology has driven change in the study of mass media. The practice of media convergence has become one of the forms of adaptation the mass media industry to be able to keep up with the developments of the times. Bola.net and Bola.com as two popular sports media in Indonesia are examples of implementing media convergence. This research wants to look more deeply at how media convergence practices on Bola.net and Bola.com especially the editorial division. This research uses qualitative methods with descriptive approaches as well as constructivist paradigms. Data collection in this study uses interviews, observations, and documentation. Sources determination in this study uses purposive sampling to obtain information from sources with knowledge that can be held accountable based on their position. The study uses the Convergence Continuum model with five stages as an analytical knife in investigating convergence practices between Bola.net and Bola.com. This research also uses the management theory of POAC in investigating the editorial managers of Bola.net and Bola.com who merged into the same company. Based on the results of this research, it can be concluded that Bola.net and Bola.com implemented up to the fourth stage of Content Sharing
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 0524110065 |
Uncontrolled Keywords: | Konvergensi media, Bola.net, Bola.com, Media olahraga- Media convergence, Bola.net , Bola.com, Sport journalism |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 07:17 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 07:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229127 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Ahmad Daerobby.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |