Hasmara, Nabila Syifa and Desi Dwi Prianti, S.Sos., M.Comn., Ph.D and Fitri Hariana Oktaviani, SS., SE., M.Commun., Ph.D Strategi Visual Pemahaman Anak terhadap Nilai Moral Buku Cerita Fiksi Sejarah “Ken Arok dan Ken Dedes: Pahlawan Bersama”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menyoroti pentingnya pengajaran nilai moral Nusantara kepada anak-anak melalui narasi sejarah yang ramah anak. Tantangan utama adalah kurangnya media yang sesuai di museum untuk mengajarkan sejarah kepada anak-anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara anak memahami nilai moral dalam buku cerita bergambar "Ken Arok dan Ken Dedes: Pahlawan Bersama". Berdasarkan teori moral development Kohlberg serta pendekatan visual storytelling dan historical fiction, penelitian ini mengeksplorasi bagaimana anak-anak merespons dan memahami visualisasi nilai-nilai moral seperti keberanian, kepemimpinan, persahabatan, dan kesetaraan gender. Metode kualitatif dengan projective interview digunakan untuk mengumpulkan data dari 11 informan siswa kelas 1-3 SD di Kota Malang untuk mengidentifikasi pemahaman anak-anak terhadap nilai moral yang tersaji pada buku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa untuk memperkuat pemahaman anak-anak tentang nilai-nilai moral yang diajarkan melalui cerita perlu menggunakan visualisasi karakter dalam narasi sejarah yang menunjukkan tindakan moral yang positif. Pendekatan visual storytelling membantu anak-anak mengidentifikasi detail visual dan memahami konteks sejarah dengan lebih baik melalui historical fiction untuk menekankan pentingnya detail historis yang akurat dalam mendukung pengembangan pemahaman anak tentang masa lalu.
English Abstract
This research highlights the importance of teaching Indonesian moral values to children through child-friendly historical narratives. The main challenge is the lack of appropriate media in museums to teach history to children. This research aims to find out how children understand moral values in the picture story book "Ken Arok and Ken Dedes: Heroes Together". Based on Kohlberg's moral development theory as well as visual storytelling and historical fiction approaches, this research explores how children respond to and understand moral values such as courage, leadership, friendship, and gender equality. Qualitative methods using projective interviews were used to collect data from 11 informants of grade 1-3 elementary school students in Malang City to identify children's understanding of the moral values presented in books. The results of the research show that to strengthen children's understanding of moral values taught through stories, it is necessary to use strong visualization in the form of characters in historical narratives showing positive moral actions. The visual storytelling approach helps children identify visual details and understand historical context better through historical fiction to emphasize the importance of accurate historical details in supporting the development of children's understanding of the past.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 20 Nov 2024 07:44 |
Last Modified: | 20 Nov 2024 07:44 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229074 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muzawwaqur Rosikhul Iman.pdf Restricted to Registered users only Download (6MB) |
Actions (login required)
View Item |