hudianisa, hedya and Noveria Anggraeni Fiaji,, M.Pd. (2024) “Pengaruh Online Customer Review Pada Media Sosial TikTok Terhadap Keputusan Pembelian [Studi Pada Produk Skincare The Originote]”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh dari online customer review dalam bentuk konten video pada media sosial TikTok terhadap keputusan pembelian produk skincare The Originote dengan menggunakan konsep Electronic Word of Mouth (e-WOM). Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan uji regresi linear sederhana dengan jumlah sampel sebanyak 385 responden dengan metode purposive sampling yang memiliki kriteria responden pernah menonton konten review produk skincare The Originote pada media sosial TikTok dan membeli produk The Originote. Keseluruhan data pada penelitian ini dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner dalam bentuk google form melalui beberapa platform media sosial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa online customer review berpengaruh secara signifikan dan positif terhadap keputusan pembelian. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan kepada para pelaku usaha untuk menjadikan ulasan dari konsumen sebagai saran dan kritik utama sehingga dapat merancang strategi yang lebih efektif dan inovatif khususnya melalui media sosial TikTok.
English Abstract
This research aims to determine whether there is an influence from online customer reviews in the form of video content on TikTok on purchasing decisions for The Originote skincare products using the Electronic Word of Mouth (e-WOM) concept. This research uses quantitative methods and simple linear regression analysis with a sample size of 385 respondents with a purposive sampling method which has the criteria that respondents have watched The Originote skincare product review content on TikTok and purchased The Originote products. All data for this research were collected by distributing questionnaires in the form of Google forms via several social media platforms. The results of this research indicate that online customer reviews have a significant and positive influence on purchasing decisions. This study is expected to provide insight for business actors to use consumer reviews as the main suggestions and criticisms of products and brands so that they can design more effective and innovative strategies, especially through TikTok social media.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052411 |
Uncontrolled Keywords: | Keputusan Pembelian, Electronic Word of Mouth, Online Customer Review, TikTok. -Electronic Word of Mouth, Online Customer Review, Purchase Decision, TikTok. |
Divisions: | Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 19 Nov 2024 08:04 |
Last Modified: | 19 Nov 2024 08:04 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229033 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
hedya hudianisa.pdf Restricted to Registered users only Download (4MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |