Studi Manajemen Proyek Pembangunan Embung K, O, Dan P Wilayah KIPP IKN Kabupaten Penajam Paser Utara Dengan Menggunakan Microsoft Project Manager 2016

Arrosyad, Muhammad Syafi’i and Ir. Sri Wahyuni, ST., MT., Ph.D., IPM., ASEAN Eng and Dr. Eng. Ir. Evi Nur Cahya, ST., MT. (2024) Studi Manajemen Proyek Pembangunan Embung K, O, Dan P Wilayah KIPP IKN Kabupaten Penajam Paser Utara Dengan Menggunakan Microsoft Project Manager 2016. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pembangunan Embung K, O, dan P KIPP IKN merupakan bangunan yang memiliki fungsi untuk infrastruktur konservasi air, penyediaan air baku nnon minum, dan memperindah wilayah KIPP IKN. Dalam pelaksanaan proyek pembangunan Embung K, O, dan P ini terdapat berbagai jenis pekerjaanyang cukup kompleks sehingga diperlukan suatu manajemen konstruksi yang baik dalam penggunaan sumber daya, waktu pelaksanaan, dan biaya konstruksi secara efektif dan efisien dengan menggunakan Microsoft Project Manager 2016. Dalam studi ini, lingkup pekerjaan yang akan dianalisis adalah pekerjaan konstruksi dalam pembangunan Embung K, O, dan P KIPP. Sebelum membuat jadwal proyek, langkah pertama adalah analisis produktivitas alat yang nantinya akan digunakan dalam analisis penggunaan sumber daya yang dibutuhkan dalam tiap item pekerjaan. Selanjutnya dilakukan analisis harga satuan pekerjaan untuk mendapatkan rencana anggaran biaya proyek. Kemudian akan dilakukan penentuan hubungan ketergantungan antar pekerjaan yang mana antar satu pekerjaan dengan pekerjaan lainnya akan saling berkaitan dan saling memiliki ketergantungan. Setelah itu adalah menganalisis rencana kerja pelaksanaan proyek yang meliputi waktu pelaksanaan, anggaran biaya, dan kebutuhan sumber daya dengan menggunakan dua alternatif. Alternatif yang akan dilakukan pada studi ini adalah penambahan jam kerja harian dan penambahan alat berat. Selanjutnya akan dilakukan penjadwalan menggunakan program Microsoft Project Manager 2016. Hasil dari penjadwalan tersebut adalah jadwal pelakanaan, kurva S, dan kebutuhan sumber daya yang diperlukan. Kemudian dilakukan evaluasi terhadap rencana kerja tersebut berdasarkan waktu pelaksanaan, anggaran biaya, dan kebutuhan sumber daya. Apabila pelaksanaan proyek tidak mengalami percepatan maka akan membuat ulang rencana kerja. Namun, apabila pelaksanaan proyek mengalami percepatan maka dapat diambil kesimpulan alternatif mana yang akan dipilih. Berdasarkan hasil penjadwalan, pelaksanaan proyek pembangunan Embung K, O, dan P KIPP dengan durasi proyek 97 hari didapatkan rencana anggaran biaya sebesar Rp 61.539.979.157,46. Setelah dilakukan percepatan proyek menggunakan alternatif penambahan jam kerja harian, didapatkan percepatan pada durasi proyek menjadi 86 hari dengan rencana anggaran biaya sebesar Rp 58.825.296.864,55. Sedangkan percepatan proyek menggunakan alternatif penambahan alat berat, didapatkan percepatan pada durasi proyek menjadi 85 hari dengan rencana anggaran biaya sebesar Rp 58.825.177.706,17. Berdasarkan hasil tersebut maka dipilih alternatif yang dipilih untuk percepatan proyek pembangunan Embung K, O, dan P KIPP adalah alternatif penambahan alat berat.

English Abstract

The construction of the K, O, and P KIPP IKN Embungs is a building that has the function of water conservation infrastructure, providing non-drinking raw water, and beautifying the KIPP IKN area. In the implementation of the Embung K, O, and P construction projects, there are various types of work that are quite complex so that good construction management is needed in the use of resources, implementation time, and construction costs effectively and efficiently by using Microsoft Project Manager 2016. In this study, the scope of work that will be analyzed is construction work in the construction of Embung K, O, and P KIPP. Before creating a project schedule, the first step is to analyze tools productivity which will later be used to analyze the use of resources required for each work item. Next, an analysis of the unit price of work is carried out to obtain a project cost budget plan. Then, a dependency relationship between jobs will be determined, where one job and another job will be interrelated and mutually dependent. After that, analyze the project implementation work plan which includes implementation time, budget, and resource requirements using two alternatives. Alternatives that will be carried out in this study are increasing daily working hours and adding heavy equipment. Next, scheduling will be carried out using the program Microsoft Project Manager 2016. The results of this scheduling are the implementation schedule, S curve, and required resource requirements. Then an evaluation of the work plan is carried out based on implementation time, budget and resource requirements. If project implementation does not accelerate, the work plan will be re-made. However, if project implementation accelerates, conclusions can be drawn as to which alternative will be chosen. Based on the scheduling results, the implementation of the Embung K, O, and P KIPP construction project with a project duration of 97 days resulted in a budget plan of Rp 61,539,979,157.46. After accelerating the project using the alternative of increasing daily working hours, the project duration was accelerated to 86 days with a planned budget of Rp 58,825,296,864.55. Meanwhile, project acceleration using the alternative of adding heavy equipment resulted in an acceleration of the project duration of 85 days with a planned budget of Rp 58,825,177,706.17. Based on these results, the alternative chosen to accelerate the Embung K, O and P KIPP construction project was the alternative of adding heavy equipment

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052407
Uncontrolled Keywords: Manajemen Proyek, Jam Kerja Harian, Alat Berat, Microsoft Project Manager 2016
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Pengairan
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 05 Dec 2024 06:07
Last Modified: 05 Dec 2024 06:07
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/229004
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Syafi'i Arrosyad.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Actions (login required)

View Item View Item