Studi Rencana Trase Jalan Akses Menuju Kampus Universitas Brawijaya di Kepanjen

Hanif, Muhammad and g: Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE., Ph.D., IPU., ASEAN Eng. and Rahayu Kusumaningrum, ST., MT., M.Sc. (2024) Studi Rencana Trase Jalan Akses Menuju Kampus Universitas Brawijaya di Kepanjen. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Universitas Brawijaya merupakan salah satu universitas terkemuka di Indonesia. UB akan melakukan ekspansi ke Kabupaten Malang dikarenakan adanya lahan hibah dari Pemerintah Kabupaten Malang seluas 30 Hektar. Berdasarkan perencanaan dari Universitas Brawijaya, bahwa gedung tersebut nantinya akan digunakan oleh mahasiswa dari Fakultas Vokasi UB yang berjumlah sebanyak 4255 mahasiswa. Oleh karena itu, diperlukan perancangan jalan akses untuk menuju lokasi tersebut. Tujuan penelitian dari tugas akhir ini adalah menentukan rekomendasi trase yang akan dijadikan sebagai jalan akses menuju kampus UB di Kepanjen. Dengan demikian perlu adanya studi terkait pemilihan trase, dimana hasil dari studi pemilihan trase ini akan membantu dalam pengambilan keputusan trase mana yang nantinya akan digunakan sebagai jalan akses menuju Kampus UB di Kepanjen. Dalam studi ini diperlukan data-data primer yang didapat langsung dari survei di lokasi studi seperti data survei volume lalu lintas, data survei sosial ekonomi, dan data AHP (Analytial Hierarchy Procces), serta data sekunder berupa jumlah mahasiswa, dosen, dan karyawan Fakultas Vokasi yang nantinya akan dipindah menuju Kampus UB di Kepanjen. Pertama yaitu melakukan analisis tarikan menuju kampus UB di Kepanjen yang berfungsi untuk mengetahui berapa potensi pergerakan tarikan yang akan melewati atau menggunakan jalan akses tersebut nantinya. Dikarenakan UB di Kepanjen belum ada bentuk fisiknya dan juga belum adanya jalan akses menuju kampus tersebut, untuk analisis permodelan pergerakan tarikan diambil dari persamaan regresi pada penelitian-penelitian yang sudah ada sebelumnya. Kemudian untuk lebar jalan diasumsikan sebesar 7 meter, lalu menghitung derajat kejenuhan dari asumsi lebar tersebut apakah memiliki kinerja yang baik atau tidak. Terakhir, melakukan analisis AHP untuk mengetahui aspek prioritas dalam pengerjaan dan mendapatkan rekomendasi trase yang akan dijadikan sebagai jalan akses menuju kampus UB di Kepanjen. Dari hasil analisis tersebut, didapatkan volume sebesar 583 smp/jam. Selanjutnya menganalisis kebutuhan lebar dengan lebar rencana yang telah ditentukan yaitu 7 meter dengan kapasitas dasar (C0) sebesar 2800. Untuk tipe jalan adalah 2/2-TT. Setelah mendapat faktor koreksi, selanjutnya melakukan perhitungan dari kapasitas jalan tersebut yang mana didapatkan kapasitasnya sebesar 2368,8 smp/jam. Lalu menghitung derajat kejenuhan dengan membagi volume lalu lintas dengan kapasitas dan didapatkan nilai sebesar 0,2. Dari hasil tersebut, tingkat kinerja sangat baik dan lebar 7 meter bisa digunakan. Selanjutnya menentukan rekomendasi trase dengan analisis AHP. Dalam penelitian ini jumlah responden survei AHP sebanyak 21 responden. Didapatkan nilai bobot prioritas dari setiap aspek yaitu aspek teknis sebesar 0,5, aspek sosial sebesar 0,28, dan aspek biaya 0,22. Kemudian hasil total antara bobot dan skor untuk mendapatkan nilai dari masing-masing trase, didapatkan trase 1 sebesar 3,56, trase 2 sebesar 1,46, dan trase 3 sebesar 1,34. Berdasarkan pada analisis AHP, trase yang memiliki skor tertinggi adalah trase 1, sehingga trase 1 dapat dijadikan sebagai rekomendasi jalan akses menuju Kampus UB di Kepanjen

English Abstract

Universitas Brawijaya (UB) is one of the leading universities in Indonesia. UB plans to expand to Malang Regency due to a 30-hectare land grant from the Malang Regency Government. According to UB's plans, the building on this land will be used by students from the UB Vocational Faculty, which totals 4,255 students. Therefore, it is necessary to design an access road to the location. The objective of this final project research is to determine a route recommendation for the access road to the UB campus in Kepanjen. Thus, a study related to route selection is needed, where the results of this route selection study will assist in deciding which route will be used as the access road to the UB campus in Kepanjen. This study requires primary data obtained directly from surveys at the study location, such as traffic volume survey data, socioeconomic survey data, and Analytical Hierarchy Process (AHP) data, as well as secondary data on the number of students, lecturers, and staff of the Vocational Faculty who will be relocated to the UB campus in Kepanjen. First, an analysis of the trips to the UB campus in Kepanjen is conducted to determine the potential trip movements that will pass through or use the access road. Since the UB campus in Kepanjen does not yet have a physical form and there is no access road to the campus, the trip movement modeling analysis is taken from regression equations from previous studies. Then, the road width is assumed to be 7 meters, and the degree of saturation for the assumed width is calculated to see if it has good performance. Finally, an AHP analysis is conducted to identify priority aspects in the work and to obtain a route recommendation for the access road to the UB campus in Kepanjen. From the analysis results, a volume of 583 pcu/hour was obtained. Next, the required width is analyzed with the planned width of 7 meters and a basic capacity (C0) of 2800. The type of road is 2/2-UT. After obtaining the correction factors, the capacity of the road is calculated, resulting in a capacity of 2368,8 pcu/hour. Then, the degree of saturation is calculated by dividing the traffic volume by the capacity, resulting in a value of 0,2. From these results, the performance level is very good, and the 7-meter width can be used. Next, a route recommendation is determined using AHP analysis. In this study, there were 21 AHP survey respondents. The priority weight values for each aspect were obtained, with technical aspects at 0,5, social aspects at 0,28, and cost aspects at 0,22. The total results between the weights and scores to obtain the values of each route were 3,56 for route 1, 1,46 for route 2, and 1,34 for route 3. Based on the AHP analysis, the route with the highest score is route 1, so route 1 can be recommended as the access road to the UB campus in Kepanjen.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052407
Uncontrolled Keywords: Jalan Akses, Pergerakan Tarikan, Lebar Jalan, AHP (Analytial Hierarchy Procces), Rekomendasi Trase
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:21
Last Modified: 04 Dec 2024 06:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228972
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Muhammad Insanul Qolby.pdf
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Actions (login required)

View Item View Item