“Strategi Koping pada Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Latar Belakang Keluarga Broken Home”

Sasongko, Zefany Sekar and Thoyyibatus Sarirah, S.Psi., M.Si (2024) “Strategi Koping pada Siswa Sekolah Menengah Pertama dengan Latar Belakang Keluarga Broken Home”. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Broken home menjadi suatu permasalahan keluarga yang dapat terjadi pada semua kalangan usia, termasuk pada usia Sekolah Menengah Pertama. Keluarga broken home yang dapat dijumpai adalah keluarga yang bercerai, proses bercerai, atau salah satu orang tua meninggal. Situasi ini memungkinkan munculnya tekanan dan berdampak pada bidang akademik maupun kehidupan sosialnya. Padahal pada fase usia ini, Siswa Sekolah Menengah Pertama berada pada fase usia remaja awal yang memiliki tugas perkembangan baru sebagai remaja dan memiliki tanggung jawab sebagai seorang siswa yang membutuhkan peran dan dukungan orang tua. Maka dari itu, strategi koping dibutuhkan khususnya bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama sebagai bentuk tindakan untuk menghadapi stresor yang dapat muncul dari kondisi keluarga broken home. Penggunaan strategi koping penting dilakukan untuk menciptakan siswa yang mampu beradaptasi secara positif terhadap masalah, mengatasi rasa stres, dan memiliki pertahanan diri dari kondisi keluarganya. Dengan begitu, tujuan dalam penelitian ini adalah mengetahui strategi koping pada Siswa Sekolah Menengah Pertama dari keluarga broken home. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi dan wawancara. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa broken home memberikan dampak yang signifikan bagi setiap subjek pada aspek kehidupan anak usia Sekolah Menengah Petama. Selain itu, kelima subjek menunjukkan adanya penggunaan strategi koping berfokus pada masalah (problem focused coping) maupun berfokus pada emosi (emotional focused coping), serta adanya hal positif yang ditunjukkan dengan berprestasi pada bidang akademik maupun non akademik, aktif pada kegiatan sekolah, dan mampu bersosialisasi dengan baik yang ditunjukkan oleh siswa

English Abstract

A broken home is a family problem that can occur at all ages, including middle school age. Broken home families that can be found are families that are divorced, in the process of divorce, or one of the parents has died. This situation allows pressure to arise and has an impact on academics and social life. In fact, at this age phase, junior high school students are in the early teenage phase and have new developmental tasks as teenagers and have responsibilities as students who need the role and support of parents. Therefore, coping strategies are required, especially for junior high school students, as a form of action to deal with stressors that can arise from broken home families. The use of coping strategies is important to create students who are able to adapt positively to problems, overcome stress, and have self-defense from their family's conditions. In this way, the aim of this research is to find out coping strategies in junior high school students from broken home families. This research uses a qualitative research method with a phenomenological approach. The data collection method uses observation and interview methods. The results of this research show that broken homes have a significant impact on each subject aspect of the lives of middle school-aged children. Apart from that, the five subjects showed the use of coping strategies that focused on problems (problem focused coping) and focused on emotions (emotional focused coping), as well as positive things that were shown by excelling in academic and non-academic fields, being active in school activities, and being able to good socialization shown by students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052411
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 04 Dec 2024 06:21
Last Modified: 04 Dec 2024 06:21
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228967
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Zefany Sekar Sasongko.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item