Pengembangan Model Kecelakaan Sepeda Motor Berbasis Karakter Pengemudi

Bolla, Margareth Evelyn and Prof. Ir. Ludfi Djakfar, MSCE. Ph.D (2024) Pengembangan Model Kecelakaan Sepeda Motor Berbasis Karakter Pengemudi. Doktor thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Faktor manusia selama ini sudah diakui secara luas sebagai penyebab dominan terjadinya kecelakaan lalu lintas. Individu yang berbeda mungkin berperilaku berbeda terhadap situasi tertentu sehingga menyebabkan kecelakaan. Penelitian ini bertujuan untuk membentuk dua model secara bertahap yakni: 1) Model Performa Berkendara, yakni model hubungan antara kepribadian pengendara sepeda motor serta performa berkendara yang dianalisis dengan metode Structural Equation Modeling (SEM), serta kemudian dilanjutkan ke tahap 2) Model Kejadian Kecelakaan yang dianalisis dengan metode Logistic Regression. Model yang dibangun terdiri atas empat (4) jenis variable, yakni selain variable endogen serta eksogen, ditambahkan juga mindfulness sebagai variabel mediasi serta faktor demografis sebagai variabel moderasi, yang ialah poin penting dalam pengembangan model di penelitian ini. Big Five Inventory (BFI) serta Mindful Attention Awareness Scale (MAAS) dipergunakan untuk mengukur karakter personal responden, sedangkan Honda Riding Trainer (HRT) dipergunakan sebagai simulator berkendara. Responden pada penelitian ini sebanyak 396 orang ialah pengendara sepeda motor di Kota Surabaya serta Malang, Jawa Timur, yang berdasarkan data Kepolisian Republik Indonesia ialah wilayah dengan tingkat kecelakaan lalu lintas jalan tertinggi. Berdasarkan hasil analisis deskriptif, didapatkan data bahwasanya mayoritas responden berjenis kelamin laki-laki, berusia muda (18-29 tahun), pernah terlibat kecelakaan, pernah mengendarai sepeda motor sebelum berusia 17 tahun, memiliki kepribadian agreeableness yang kuat, serta memiliki performa berkendara pada skala B. Analisis model performa berkendara menunjukkan bahwasanya hanya variabel Neuroticism yang secara signifikan memprediksi mindfulness serta performa berkendara. Variabel openness serta conscientiousness hanya secara signifikan memprediksi Mindfulness, sedangkan Agreeableness ialah satu-satunya kepribadian Big Five yang secara signifikan memprediksi kinerja berkendara. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwasanya walaupun variabel mindfulness pada penelitian ini belum mampu menjadi variabel mediasi, namun cukup kuat sebagai variabel eksogen terhadap performa berkendara. Hasil analisis model kejadian kecelakaan menemukan bahwasanya semakin buruk performa pengendara, semakin besar peluang terjadinya kecelakaan, serta pengendara wanita dua kali lebih mungkin mengalami kecelakaan dibandingkan pengendara pria. Hasil analisis-analisis tersebut menunjukkan perlunya dilaksanakan penelitian keselamatan jalan raya serta program-program aksi keselamatan yang dibedakan berdasarkan karakteristik personal pengendara, umur serta jenis kelamin. Salah satu kebijakan yang disarankan ialah penambahan materi keselamatan lalu lintas dalam kurikulum sekolah mulai dari usia dini, serta pemberlakuan tes psikologis yang bukan sekedar ‘formalitas’ dalam prosedur pengajuan Surat Ijin Mengemudi (SIM), sehingga mampu memberikan gambaran terkait kepribadian personal pengendara.

Item Type: Thesis (Doktor)
Identification Number: 062407
Uncontrolled Keywords: Kepribadian Big Five; Simulator berkendara; Mindfulness; Variabel mediasi; Variabel moderasi.
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 02 Dec 2024 01:25
Last Modified: 02 Dec 2024 01:25
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228752
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Margie Bolla.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item