Perilaku Retak Pelat Perkerasan Kaku dengan Variasi Nilai CBR Tumpuan Elastis dengan Metode Elemen Hingga.

Dea Chintya, Jihan Tirta and Ir. Roland Martin Simatupang, ST., MT., M.Sc. and Prof. Dr. Ir. As’ad Munawir, MT. (2024) Perilaku Retak Pelat Perkerasan Kaku dengan Variasi Nilai CBR Tumpuan Elastis dengan Metode Elemen Hingga. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelat perkerasan kaku memiliki peran penting dalam menopang beban lalu lintas dan mendistribusikannya secara merata ke tanah subgrade. Akan tetapi, dengan keterbatasan alat serta pengetahuan dari masyarakat pedesaan yang membangun dengan cara padat karya, pelat beton akan mudah mengalami kerusakan karena tidak mencapai standar yang berlaku. Untuk memahami perilaku retak tersebut, perlu dilakukan penelitian yang mendalam dan terfokus. Penelitian ini dilakukan dengan memodelkan beton dimensi 2000 mm x 600 mm x 200 mm, spreader beam dengan dimensi 600 mm x 100 mm x 100 mm, dan tanah dengan dimensi 2000 mm x 700 mm, x 300 mm di ABAQUS. Untuk materialnya berturut-turut adalah beton, baja, dan tanah lempung. Analisis elemen hingga dilakukan dengan bantuan perangkat lunak ABAQUS. Pengujian dilaksanakan dengan mengatur output berupa regangan, beban, dan pola retak akibat tarik. Dari hasil analisis dengan metode elemen hingga, diperoleh hasil pada CBR 5,77% lebar retak maksimum sebesar 0.16396 mm, pada CBR 8,12% lebar retak maksimum sebesar 0.16917, dan CBR 12,83% lebar retak maksimum sebesar 0.16713 mm. Untuk perbandingan dengan penelitian lain yang dilakukan dengan eksperimen, perbedaan antara lebar retak maksimumnya pada CBR 5,77% sebesar 48.39%. Pada CBR 8,12% perbedaan lebar retak maksimumnya sebesar 29.31,88%. Pada CBR 12,83%, perbedaan lebar retak maksimumnya sebesar 18.27%.

English Abstract

Rigid pavement slabs play a crucial role in supporting traffic loads and evenly distributing them to the subgrade. However, due to limited resources and the knowledge of rural communities who build through labor-intensive methods, concrete slabs often suffer from damage as they fail to meet applicable standards. Understanding this cracking behavior requires thorough and focused research. This study models concrete slabs sized 2000 mm x 600 mm x 200 mm, spreader beams 600 mm x 100 mm x 100 mm, and soil 2000 mm x 700 mm x 300 mm in ABAQUS. Materials used include concrete, steel, and clay soil. Finite element analysis is conducted using ABAQUS software, with testing focusing on strain, load, and crack patterns due to tension. From the finite element analysis, results show that at CBR 5.77%, the maximum crack width is 0.16396 mm, at CBR 8.12% it is 0.16917 mm, and at CBR 12.83% it is 0.16713 mm. In comparison with experimental studies, the maximum crack width differs by 48.39% at CBR 5.77%, by 29.31% at CBR 8.12%, and by 18.27% at CBR 12.83%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 052407
Uncontrolled Keywords: Pelat Perkerasan Kaku, Tumpuan Elastis, CBR, Pola Retak Pelat, Metode Elemen Hingga
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: Unnamed user with username nova
Date Deposited: 26 Nov 2024 06:43
Last Modified: 26 Nov 2024 06:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228650
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Jihan Tirta.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item