Faktor – Faktor Kecelakaaan Yang Melibatkan Kendaraan Bermotor Pada Ruas Jalan Di Kota Jayapura

Damayanti, Fadila Ardi Putri and Dr. Ir. Muhammad Zainul Arifin, MT and Fauzul Rizal Sutikno, ST., MT., Ph. D (2024) Faktor – Faktor Kecelakaaan Yang Melibatkan Kendaraan Bermotor Pada Ruas Jalan Di Kota Jayapura. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk disertai dengan peningkatan peningkatan jumlah kendaraan. Tidak dapat dipungkiri bahwa jumlah kecelakaan kendaraan juga akan meningkat, yang dapat disebabkan oleh berbagai faktor. Faktor pengemudi yang ditinjau dalam penelitian ini meliputi karakteristik sosial ekonomi, karakteristik pergerakan, karakteristik kecelakaan, dan karakteristik perilaku pengemudi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mempelajari faktor – faktor kecelakaan kendaraan dengan menggunakan wawancara dan kuesioner perilaku berkendara DBQ (driving behavior questionnaire) dengan jumlah responden sebanyak 307 pengendara sepeda motor responden yang pernah mengalami kecelakaan. Penelitian ini menggunakan SEM (structural equation modeling) dengan perangkat lunak komputer SmartPLS. Roda dua hasil pemodelan kecelakaan kendaraan roda dua Y = -0,450 X1 + ei2; R2 = 0,102. Pengaruh terbesar terjadi pada karakteristik sosial ekonomi (X1) yang paling dominan yaitu pekerjaan (pelajar atau mahasiswa), dan untuk pemodelan kecelakaan kendaraan roda empat kendaraan roda empat diperoleh hasil Y = -0,214 X1 + 0,183 X3 +ei2; R2 = 0,109. Pengaruh terbesar terjadi pada karakteristik sosial ekonomi (X1) yang paling dominan berpengaruh yaitu jenis kelamin (laki-laki) dan karakteristik perilaku pengemudi (X3) yang paling dominan yaitu ordinary violation, yang didefinisikan sebagai penyimpangan yang disengaja dari aturan hukum. Dengan demikian, dari hasil penelitian, variabel yang paling berpengaruh adalah Pendidikan, jenis kelamin dan perilaku pengemudi yang melakukan pelanggaran biasa pelanggaran biasa seperti mengabaikan batas kecepatan, menerobos persimpangan, dan mengemudi di bawah pengaruh alkohol. Sehingga, perlu adanya kerjasama antara pihak kepolisian dan pihak terkait dalam menanggulangi kecelakaan dan mengurangi risiko kecelakaan lalu lintas, seperti halnya sosialisasi atau informasi melalui surat kabar atau melalui surat kabar atau media elektronik kepada masyarakat di Kota Jayapura mengenai pentingnya kesadaran kolektif tentang keselamatan berkendara.

English Abstract

The increase in population is accompanied by an increase in the number of vehicles. It is inevitable that the number of vehicle accidents will also increase, which can be caused by various factors. Driver factors reviewed in this study include socioeconomic characteristics, movement characteristics, accident characteristics, and driver behavior characteristics. The purpose of this research is to study the factors of vehicle accidents using interviews and DBQ (driving behavior questionnaire) with a total of 307 respondent motorcyclists who have experienced accidents. This research uses SEM (structural equation modeling) with SmartPLS computer software. Two-wheeled vehicle accident modeling results Y = -0.450 X1 + ei2; R2 = 0.102. The greatest influence occurs in the most dominant socio�economic characteristics (X1), namely occupation (student or student), and for modeling four-wheeled vehicle accidents, the results obtained Y = -0.214 X1 + 0.183 X3 +ei2; R2 = 0.109. The greatest influence occurs in the socio-economic characteristics (X1) with the most dominant effect being gender (male) and the most dominant driver behavior characteristics (X3) being ordinary violation, which is defined as intentional deviation from the rule of law. Thus, from the results of the study, the most influential variables are education, gender and behavior of drivers who commit ordinary violations such as ignoring speed limits, crossing intersections, and driving under the influence of alcohol. Thus, there is a need for cooperation between the police and related parties in tackling accidents and reducing the risk of traffic accidents, such as socialization or information through newspapers or through newspapers or electronic media to the public in Jayapura City regarding the importance of collective awareness of driving safety.

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: 0424070202
Uncontrolled Keywords: kecelakaan kendaraan, perilaku berkendara, structural structural equation modeling, kecelakaan lalu lintas, kendaraan bermotor pengemudi kendaraan bermotor, perilaku pengemudi mobil, karakteristik mengemudi.
Divisions: S2/S3 > Magister Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: S Sucipto
Date Deposited: 20 Aug 2024 07:59
Last Modified: 20 Aug 2024 07:59
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228603
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
Fadila Ardi Putri Damayanti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Actions (login required)

View Item View Item