Ramadhana, Darell Shafwan and Ir. Kartika Puspa Negara, ST., MT., Ph.D (2024) Studi Eksperimental Pengaruh Ketebalan terhadap Perilaku Lentur Pelat Beton Pracetak Skala Penuh,. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pemerintah Indonesia sedang melakukan pembangunan secara intensif pada infrastruktur, terutama infrastruktur trasnportasi untuk mendukung pertumbuhan ekonomi dan pemerataan pembangunan. Salah satu infrastruktur adalah jembatan. Pada pembangunan jembatan kerap kali menggunakan pelat lantai beton bertulang. Dalam hal ini untuk metode konstruksi dapat dilakukan dengan menggunakan beton pracetak karena dinilai lebih efisien dari segi waktu dan mutu yang diberikan juga terjaga kualitasnya. Pada penelitian ini dilakukan pengujian pada spesimen benda uji berupa pelat beton yang memiliki beberapa variasi ketebalan yaitu 125 mm, 150 mm, 175 mm, dan 200 mm. Keempat pelat ini memiliki bentang dan lebar yang sama yaitu dengan bentang pelat 2000 mm dan lebar pelat adalah 600 mm. Hal yang dilakukan yaitu untuk mengetahui berapa besar beban yang dapat ditumpu oleh masing-masing pelat dan juga nilai lendutan yang akan terjadi apabila beban diberikan beban yang sama. Proses pengujian pada pelat benda uji ini dilakukan dengan menggunakan tumpuan sendi rol, dan diberikan beban pada tengah bentang pelat menggunakan hydraulic pump. Beban diberikan secara berkala dengan memperhatikan penurunan atau lendutan yang terjadi pada pelat melalui alat LVDT. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dilakukan, nilai lendutan yang terjadi pada ketebalan pelat beton yang berbeda dengan beban yang sama yaitu sebesar 50 kN, untuk ketebalan 125 mm adalah sebesar 9,83 mm, untuk ketebalan 150 mm sebesar 3,72 mm, untuk ketebalan 175 mm sebesar 2,55 mm, dan ketebalan 200 mm sebesar 1,56 mm. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan beban yang sama maka seiring dengan besarnya ketebalan pelat maka semakin kecil pula lendutannya.
English Abstract
Currently, the Indonesian government is intensively developing infrastructure, especially transportation infrastructure to support economic growth and equitable development. One of the infrastructures is the bridge. Bridge construction often uses concrete floor slabs. Concrete is a building material that is often used in infrastructure development. In this case, the construction method can be done using precast concrete because it is considered more efficient in terms of time and the quality provided is also maintained. In this study, tests were carried out on test specimens in the form of concrete slabs with thickness variations (125 mm, 150 mm, 175 mm, 200 mm). The four plates have the same span and width, namely with a plate span of 2000 mm and a plate width of 600 mm. The thing that is done is to find out how much load can be supported by each plate and also the deflection value that will occur when the load is given the same load. The testing process on this test specimen plate is carried out using a roller joint support, and a load is given in the middle of the plate span using a hydraulic pump. The load is given periodically by observing the decrease or deflection that occurs in the plate through the LVDT device. Based on the results of the research that has been done, the deflection value that occurs in different thicknesses of concrete slabs with the same load of 50 kN, for a thickness of 125 mm is 9.83 mm, for a thickness of 150 mm is 3.72 mm, for a thickness of 175 mm is 2.55 mm, and a thickness of 200 mm is 1.56 mm. This gives the conclusion that the greater the thickness of the plate, the smaller the deflection that occurs at the same load.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 052407 |
Uncontrolled Keywords: | Pelat beton , Tebal pelat, Lendutan, Perilaku Lentur. |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Sipil |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 13 Nov 2024 07:29 |
Last Modified: | 13 Nov 2024 07:29 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228548 |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
Darell Shafwan Ramadhana.pdf Restricted to Registered users only Download (5MB) |
Actions (login required)
View Item |