Kinerja Dinas Pendapatan Daerah Dalam Pemungutan Retribusi Daerah Pada Obyek Retribusi Pelayanan Pasar (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Kabupatcn Nganjuk)

Hanafi, Andhi Sukma and Drs. Agus Suryono, MS and Drs. Tri Laksono N, MS (2006) Kinerja Dinas Pendapatan Daerah Dalam Pemungutan Retribusi Daerah Pada Obyek Retribusi Pelayanan Pasar (Studi Pada Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Kabupatcn Nganjuk). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada adanya kebijakan otonomi daerah dimana setiap daerah memiliki kewenangan untuk megatur urusan remah tangganya sendiri, termasuk dalam urusan keuangan daerah. Kewenangan untuk mengurus rumah tangganya, dalam hal keuangan daerah meliputi beberapa hal, diantaranya mengatur sumber penerimaan daerah. Di era otonomi daerah, daerah diberi kebebasan untuk menggali potensinya, termasuk dari Pendapatan Asli Daerah. Salah satu sumber penerimaan Pendapatan Asli Daerah yang paling berpotensi adalah penerimaan Retribusi Daerah. Retribusi daerah menyumbang lebih dari 50 % kepada Pendapatan Asli Daerah. Begitu juga dengan Pendapatan Asli Daerah di wilayah kabupaten Nganjuk, peerimaan Pendapatan Asli Daerah yang paling besar disumbang oleh Penerimaan Retribusi Daerah. Namun penerimaan dari retribusi pelayanan pasar hanya berjumlah sekitar 6 % dari penerimaan Retribusi Daerah. Sedangkan kontribusi retribusi pelayanan pasar hanya menyumbang sekitar 3 % dari penerimaan Pendapatan Asli Daerah secara keseluruhan. Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Kabupaten Nganjuk selaku koordinator yang bertanggung jawab dalam pemungutan retribusi pelayanan pasar dinilai belum maksimal kinerjanya, karena penerimaan Retribusi Pelayanan Pasar yang sedikit (3%)memberikan kontribusi terhadap penerimaan Pendapatan Asli Daerah. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dimana penelitian digunakan untuk menggambarkan secara tepat fenomena yang terjadi dalam Dinas pendapatan daerah Pemerintah kabupaten Nganjuk sehubungan dengan kinerjanya dalam pemungutan retribusi pelayanan pasar. Fenomena yang terjadi berupa sistem dan prosedur kerja, tarfet dan realisasi, dan efektifitas pemungutan retribusi pelayanan pasar. Dengan penelitian ini diharapkan dapat diketahui apa yang menjadi permaslahan bagi Dinas Pendapatan Daerah Pemerintah Kabupaten Nganjuk dalam pemungutan retribusi pelayanan pasar. Dengan diketahuinya permaslahan yang terjadi, diharapakan dapat ditemukan solusi yang baik agar kinerja Dinas Pendapatan Daerah dapat dimaksimalkan dalam pemungutan Retribusi Pelayanan Pasar.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 08:06
Last Modified: 19 Aug 2024 08:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228441
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ANDHI SUKMA HANAFI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (17MB)

Actions (login required)

View Item View Item