Upaya Peningkatan Peranan Hubungan Masyararat Dalam Perencanaan Pembangunan ( Studi Pada Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan )

Rismayati, Ari and Drs. M.Shobarudin, MA and Drs. Survadi, MS (2006) Upaya Peningkatan Peranan Hubungan Masyararat Dalam Perencanaan Pembangunan ( Studi Pada Kantor Pemerintah Kabupaten Lamongan ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Humas adalah suatu bagian dari pemerintah daerah yang bertugas menghubungkan pihak-pihak yang berkaitan dengan kebijakan pemerintah pusat maupun daerah. Institusi tersebut hams dapat mengetahui apa yang teijadi dan berkembang pada masyarakat sehingga kemauan masyarakat dan pemerintah dapat teijadi timbal balik dan kesinambungan Sesuai dengan salah satu tujuan utama humas pemerintah daerah yaitu memberikan kesempatan pada mereka untuk menyatakan pandangannya mengenai proyek baru yang penting sebelum lembaga mengambil keputusan. Oleh karena itu peran humassangat pentingsebagai penggali dan agen penyalur informasi baik yang didapat dari masyarakat maupun dari instansi terkait agar pembangunan yang akan dilaksanakan betul- betul aspiratif. Setiap perencanaan pembangunan daerah hams disesuaikan dengan tujuan pembangunan. Agar tujuan pembangunan bisa terlaksana dengan lancar tentu saja tidak lepas dari peran serta masyarakat Perencanaan pembangunan dikatakan berhasil apabila perencanaan pembangunan tersebut masyarakat turut dilibatkan apa yang menjadi kehendak mereka demi kemajuan pembangunan daerahnya. Untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pembangunan dibutuhkan komunikasi, disinilah peran humas dituntut agar lebih bersifat proaktif dan hams mampu menjadi penggali informasi dari masyarakat Untuk menerangkan peranan humas dalam perencanaan pembangunan, maka dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif. Dan dalam hal ini yang menjadi fokus penelitian adalah : pertama yaitu upaya peningkatan peranan humas dalam perencanaan pembangunan yang meliputi sebagai penggali, penghimpun dan agen penyalur informasi di bidang pemerintahan, pembangunan dan pemasyarakatan sebagai bahan pertimbangan penerapan kebijakan pemerintah kabupalen.Kedua, faktor pendukung dan penghambat (intern dan ekstem) bagian humas dalam kaitannya dengan perencanaan pembangunan.Ketiga, upaya dalam mengatasi faktor penghambat / masalah bagian humas dalam kaitannya dengan perencanaan. Dan sebagaimana hasil penelitian dapat dijelaskan bahwasannya peranan humas dalam perencanaan pembangunan sangat besar. Karena melalui bagian humas diharapkan pendapat dan tanggapan atas informasi yang disampaikan dapat disalurkan dan ditampung. Selanjutnya dijadikan masukan dan bahan pertimbangan bagi pemerintah setempat dalam menetapkan kebijaksanaan pembangunan. Sehingga kebijaksanaan yang dibuat lebih realistis dan lebih akomodatif bagi kepentingan masyarakat. Dan keberhasilan perencanaan pembangunan akan terwujud apabila seluruh unsur masyarakat dilibatkan. Agar hasil dari pembangunan dapat dirasakan oleh berbagai lapisan masyarakat. Semua itu tidak luput dari kerja sama atau komunukasi yang baik antara aparatur pemerintah daerah dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:42
Last Modified: 19 Aug 2024 07:42
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228433
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ARI RISMAYATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB)

Actions (login required)

View Item View Item