Peranan Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Karyawan (Studi pada PT. Perkebunan Nusantara X, Jember)

Kholifah, Miftakhul and Drs. Marwan, - and Drs. Moch. Djudi Mukzam, M.Si (2006) Peranan Pendidikan dan Pelatihan dalam Meningkatkan Kemampuan Kerja Karyawan (Studi pada PT. Perkebunan Nusantara X, Jember). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sumber daya manusia yang berkualitas sangat diperlukan dalam rangka menunjang pencapaian tujuan organisasi, lebih-lebih dalam kehidupan modem seperti sekarang ini. Upaya peningkatan kualitas sumberdaya manusia, antara lain melalui pelaksanaan pendidikan dan pelatihan. Permasalahnan dalam penelitian ini adalah mengenai peranan pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan keija karyawan, dan tujuan dari skripsi ini adalah untuk mengetahui dan mendiskripsikan penyelanggaraan diklat pada PT. Perkebunan Nusantara X serta mengetahui metode pendidikan dan pelatihan yang diselenggarakan PT. Perkebunan Nusantara X, Jember. Dalam pembuatan skripsi ini penulis melakukan penelitian pada PT. Perkebunan Nusantara X, Jember dengan menggunakan jenis penelitian deskriptif untuk memperoleh gambaran tentang peranan pendidikan dan pelatihan dalam meningkatkan kemampuan keija karyawan. Fokus penelitian meliputi pelaksanaan pendidikan dan pelatihan yang meliputi : metode pendidikan dan pelatihan, kejelasan tujuan pendidikan dan pelatihan, kaitan materi diklat dengan pekeijaan serta penerapan materi diklat dalam pekeijaan. Sedangkan kemampuan keija dalam skripsi ini meliputi : ketrampilan teknis, ketrampilan interpersonal dan ketrampilan konseptual. Berdasarkan hasil pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa peranan pendidikan dan pelatihan telah mampu menigkatkan kemampuan keija karyawan. Kondisi ini terbukti dari jawaban responden yang berhasil dihimpun melalui kuisioner yaitu dimana terbukti adanya peningkatan dalam penyelesaian tugas, ketepatan waktu dalam penyelesaian tugas, kemampuan bekeijasama antar karyawan serta kemampuan bertanggungjawab dalam rangka pengembangan perusahaan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:32
Last Modified: 19 Aug 2024 07:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228426
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MIFTAKHUL KHOLIFAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Actions (login required)

View Item View Item