Pemilihan Saluran Distribusi Dalam Rangka Meraih Pasar Sasaran (Suatu Kajian pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya, Divisi Agrowisata, Batu)

Praja, Asmaning and Drs. Soekarto, M.Si and Drs. Kadarisman Hidayat, M.Si (2006) Pemilihan Saluran Distribusi Dalam Rangka Meraih Pasar Sasaran (Suatu Kajian pada PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya, Divisi Agrowisata, Batu). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Saluran distribusi memegang peranan penting dalam fungsi penyebaran dan ketersediaan produk di pasar. Ketepatan perusahaan dalam memilih saluran distribusi yang digunakan, berdampak dalam pencapaian pasar sasarannya sehingga berujung pada tercapainya penjualan. Pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan pembeli yang bervariasi menjadi pedoman bagi rancangan pemilihan saluran distribusi. Hal ini sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan pemilihan saluran distribusi yang telah dilakukan oleh PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya pada divisi Agrowisata dalam rangka meraih pasar sasarannya?”. Dalam penelitian ini, tujuan yang ingin dicapai adalah: Untuk mengetahui gambaran sccara menyeluruh mengenai pelaksanaan pemilihan saluran distribusi yang telah dilakukan PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya pada divisi Agrowisata dalam rangka meraih pasar sasarannya. Penelitian ini dilakukan pada Divisi Agrowisata yang merupakan anak perusahaan dari PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Variabel yang diteliti dalam saluran distribusi adalah pemilihan saluran distribusi (tipe saluran distribusi, jumlah perantara pengecer saluran distribusi dan bentuk saluran distribusi) dan fungsi-fungsi saluran distribusi yang dilakukan. Pasar sasaran terdiri dari segmentasi pasar, penargetan pasar dan penentuan posisi produk. Data yang disajikan adalah data empat tahun terakhir yang diperoleh dari dokumen perusahaan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan pemilihan saluran distribusi PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya adalah dengan memilih tipe saluran distribusi multi saluran (multichannel marketing) dimana perusahaan menggunakan tiga bentuk saluran distribusi yang berbeda pada daerah-daerah pemasarannya. Jumlah perantara pengecer saluran distribusi yang digunakan adalah strategi distribusi selektif merupakan strategi yang dipilih PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya dalam memilih jumlah pengecer pada setiap daerah pemasarannya, Pemilihan bentuk saluran distribusi yang digunakan yaitu Produsen- Konsumen dipilih untuk daerah pemasaran Batu, Produsen- Pengecer- Konsumen dipilih pada daerah pemasaran Malang, Surabaya, Sidoarjo serta Kediri dan Produsen- Pedagang Besar- Pengecer- Konsumen dipilih untuk daerah pemasaran Solo dan Samarinda. Fungsi-fungsi saluran distribusi yang dilakukan dalam memasarkan sayuran dan buah Kusuma Agro Saluran distribusi memegang peranan penting dalam fungsi penyebaran dan ketersediaan produk di pasar. Ketepatan perusahaan dalam memilih saluran distribusi yang digunakan, berdampak dalam pencapaian pasar sasarannya sehingga berujung pada tercapainya penjualan. Pemahaman tentang kebutuhan dan keinginan pembeli yang bervariasi menjadi pedoman bagi rancangan pemilihan saluran distribusi. Hal ini sesuai dengan rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimana pelaksanaan pemilihan saluran distribusi yang telah dilakukan oleh PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya pada divisi Agrowisata dalam rangka meraih pasar sasarannya?”. Dalam penelitian ini, tujuan yang ingin dicapai adalah: Untuk mengetahui gambaran sccara menyeluruh mengenai pelaksanaan pemilihan saluran distribusi yang telah dilakukan PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya pada divisi Agrowisata dalam rangka meraih pasar sasarannya. Penelitian ini dilakukan pada Divisi Agrowisata yang merupakan anak perusahaan dari PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Variabel yang diteliti dalam saluran distribusi adalah pemilihan saluran distribusi (tipe saluran distribusi, jumlah perantara pengecer saluran distribusi dan bentuk saluran distribusi) dan fungsi-fungsi saluran distribusi yang dilakukan. Pasar sasaran terdiri dari segmentasi pasar, penargetan pasar dan penentuan posisi produk. Data yang disajikan adalah data empat tahun terakhir yang diperoleh dari dokumen perusahaan. Dari hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan pemilihan saluran distribusi PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya adalah dengan memilih tipe saluran distribusi multi saluran (multichannel marketing) dimana perusahaan menggunakan tiga bentuk saluran distribusi yang berbeda pada daerah-daerah pemasarannya. Jumlah perantara pengecer saluran distribusi yang digunakan adalah strategi distribusi selektif merupakan strategi yang dipilih PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya dalam memilih jumlah pengecer pada setiap daerah pemasarannya, Pemilihan bentuk saluran distribusi yang digunakan yaitu Produsen- Konsumen dipilih untuk daerah pemasaran Batu, Produsen- Pengecer- Konsumen dipilih pada daerah pemasaran Malang, Surabaya, Sidoarjo serta Kediri dan Produsen- Pedagang Besar- Pengecer- Konsumen dipilih untuk daerah pemasaran Solo dan Samarinda. Fungsi-fungsi saluran distribusi yang dilakukan dalam memasarkan sayuran dan buah Kusuma Agr adalah fungsi informasi, promosi, negosiasi, transportasi, kegiatan membeli dan menjual, pengambilan resiko dan hak milik. Segmentasi pasar yang ditetapkan PT. Kusuma Satria Dinasasri Wisata Jaya dalam memasarkan produk sayuran dan buah Kusuma Agro adalah segmen kelas menengah bagian bawah (B), menengah bagian atas (B+), atas bagian bawah (A) dan atas bagian atas (A+). Penargetan pasar yang dilakukan perusahaan, menggunakan pemasaran dibedakan, karena perusahaan melayani beberapa kebutuhan sesuai dengan segmen pasar dan mendisain penawaran berbeda dalam masing-masing segmen. Perusahaan menawarkan produk yang beragam yaitu Hidroponik NFT, Hidroponik Substrat, Hidroponik Tanah dan Organik. Penentuan posisi produk yang dilakukan adalah berdasarkan pembedaaan produk, manfaat produk dan masalah. Kebijakan pemilihan saluran distribusi dalam mencapai pasar sasaran yang dilakukan perusahaan sudah tepat, oleh karena itu penulis menyarankan agar perusahaan mempertahankan kebijakan pemilihan saluran distribusi yang telah dilakukan, karena kebijakan ini dapat meraih pasar sasaran yang diinginkan perusahaan dalam memasarkan produk sayuran dan buah Kusuma Agro sehingga penjualan selalu mengalami peningkatan pada tahun 2002 sampai tahun 2005, mempertahankan kebijakan pasar sasaran yang telah dilakukan selama ini serta meningkatkan produktifitas sehingga dapat memperluas daerah pemasaran yang potensial dan lebih meningkatkan promosi agar lebih dikenal masyarakat luas

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:31
Last Modified: 19 Aug 2024 07:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228424
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ASMANING PRAJA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item