Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak Dan Implikasinya Terhadap PPh Pasal 21 (Studi Implementasi KMK. No. 564/KMK.03/2004 di Kantor Pelayanan Pajak Malang)

-, Miftahudin and u Dra. Ratuh Nurpratiwi, Msi and Drs. Abdul Wahid, - (2006) Penyesuaian Besarnya Penghasilan Tidak Kena Pajak Dan Implikasinya Terhadap PPh Pasal 21 (Studi Implementasi KMK. No. 564/KMK.03/2004 di Kantor Pelayanan Pajak Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Krisis ekonomi yang melanda negara Indonesia pada tahun 1998 benar-benar meruntuhkan sendi-sendi perekonomian bangsa kita. Dampak dari krisis tersebut masih terasa hingga sekarang, terutama bagi masyarakat yang secara ekonomi berada pada lapisan bawah. Naiknya harga barang-barang kebutuhan pokok masyarakat tidak diimbangi dengan naiknya penghasilan, hal tersebut menyebabkan kesejahteraan. ekonomi masyarakat menurun. Disatu sisi pajak merupakan sektor penerimaan negara yang utama sehingga keberadaanya harus ditingkatkan di setiap tahunnya, namim disisi yang lain kondisi perekonomian bangsa kita cukup memprihatinkan sehingga tidak memungkinkan untuk meningkatkan besamya pajak khususnya pajak penghasilan. kondisi tersebut menuntut pemerintah untuk mencermati lagi kebijakan dibidang perpajakan. Dengan berlatar masalah diatas pemerintah mengeluarkan kebijakan dibidang perpajakan yaitu Keputusan Menteri Keuaangan No. 564/KMK.03/2004 Tentang Penyesuaian Besamya Penghasilan Tidak Kena Pajak. Penulisan ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun yang menjadi fokus dari penelitian ini adalah Kebijakan Penyesuaian Besamya Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) dan Implementasi Kebijakan Penyesuaian Besamya Penghasilan Tidak Kena Pajak (PTKP) serta dampak dari diterapkannya kebijakan tersebut. Perspektif yang digunakan dalam fokus penelitian ini adalah latar belakang, sumber hukum, tujuan kebijakan, manfaat, pelaku, kegiatan, hambatan serta dampak dari Kebijakan Penyesuaian Besamya PTKP. Situs yang dipakai dalam penelitian ini adalah bagian keuangan kantor pusat Unibraw dan kantor pelayanan pajak (KPP) Malang, dalam hal ini sampel yang diambil adalah wajib pajak yang berada dalam wilayah keija KPP Malang. Adapun proses pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif dengan prosedur reduksi, penyajian dan verifikasi data. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan Implementasi Kebijakan Penyesuaian Besamya PTKP ini dilihat dari proses dan manfaat telah beijalan dengan baik. Hal yang perlu dicermati adalah kebijakan itu sendiri seiring beijalannya waktu kondisi perekonomian negara kita tak kunjung membaik, harga-harga kebutuhan pokok semakin membumbung tinggi seiring dengan naiknya harga BBM sehingga perubahan PTKP ini dirasa sudah tidak sesuai lagi dan perlu disesuaikan dengan kondisi yang ada. Berdasarkan hasil dan kesimpulan penelitian, peneliti menyarankan agar pemerintah meninjau kembali kebijakan tentang PTKP ini agar sesuai dengan kondisi perekonomian yang teijadi saat ini yaitu dengan merubah besaran PTKP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:26
Last Modified: 19 Aug 2024 07:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228422
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
MIFTAHUDIN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (19MB)

Actions (login required)

View Item View Item