Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus pada UD. Srigunting Singosari- Malang)

Kusumawati, Astin Dian and Drs. Soekarto, MS and Drs. Edv Yulianto, MP (2006) Pengaruh Diversifikasi Produk Terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Studi Kasus pada UD. Srigunting Singosari- Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi dan kemajuan perekonomian pada saat ini menuntut setiap perusahaan untuk selalu tanggap terhadap perkembangan tersebut, sehingga perusahaan mampn dihadapkan pada keadaan persaingan yang semakin ketat dalam rangka mempertahankan kelangsungan perusahaan, meningkatkan penjualan dan keuntungan perusahaan. Diversifikasi produk merupakan proses penganekaragaman produk untuk melayani pangsa pasar yang baru pula. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui hubungan diversifikasi produk dan penjualan, selain itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruhnya terhadap peningkatan penjualan produk perusahaan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan studi kasus yang bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang pelaksanaan aktivitas perusahaan yang akan dijadikan latar belakang untuk menetapkan kebijaksanaan di masa yang akan datang, terutama hal-hal yang berhubungan dengan diversifikasi produk. Teknik analisis yang digunakan adalah rata-rata ukur untuk mengetahui tingkat rata-rata perkembangan penjualan produk perusahaan, korelasi Product Moment untuk mengetahui tingkat keeratan hubungan antara diversifikasi produk dengan penjualan, dan regresi linear sederhana untuk mengetahui pengaruh dari diversifikasi produk terhadap penjualan. Berdasarkan analisis beda rata-rata yang telah dilakukan oleh UD. Srigunting terlihat bahvva beda rata-rata penjualan sebelum dan setelah diversifikasi produk adalah sebesar 2048 karton per triwulannya. Dari hasil analisis korelasi Product moment diperoleh rXY = 0.857. Hal ini menunjukkan bahwa rXY mendekati 1 sehingga terdapat hubungan yang cukup erat dan positif antara diversifikasi produk dengan penjualan. Sedangkan dari hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan bahwa pelaksanaan diversifikasi produk dapat meningkatkan penjualan rata-rata sebesar 1292 karton per triwulannya untuk mengembangkan satu macam produk baru. Dengan demjkian UD. Srigunting Singosari-Malang dalam usaha meningkatkan volume penjualan produknya telah berhasil dengan melaksanakan strategi diversifikasi produk

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 07:19
Last Modified: 19 Aug 2024 07:19
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228420
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
ASTIN DIAN KUSUMAWATI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item