Pengembangan Sumber Daya Aparatur Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Kerja (Studi Pada Pemerintah Kota Kediri).

Camelia, - and Drs. Sukanto, MS and Dra. Lely Indah Mindarti, MSi (2006) Pengembangan Sumber Daya Aparatur Dalam Rangka Meningkatkan Produktivitas Kerja (Studi Pada Pemerintah Kota Kediri). UNSPECIFIED thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Masalah utama yang menjadi pokok bahasan dalam skripsi ini adalah masalah peningkatan produktivitas keija melalui suatu upaya pengembangan pegawai. Yang dimaksud pegawai di sini adalah sumber daya aparatur yang bekeija di Pemerintah Kota Kediri. Pengembangan pegawai merupakan suatu cara mewujudkan pegawai agar dapat bekeija lebih baik dalam pelaksanaan aktivitas keijanya. Pengembangan pegawai dapat dilakukan dengan dua (2) hal pertama, pengembangan kualitas sumber daya aparatur melalui pengiriman pegawai melalui Diklat dan pengiriman pegawai untuk mengikuti pendidikan formal. Kedua, melalui mutasi/promosi pegawai. Diklat disini berguna untuk meningkatkan kemampuan, kecakapan, pengetahuan dan ketrampilan pegawai, sedangkan mutasi/promosi berguna untuk pengembangan karier pegawai dimana mutasi merupakan pemindahan pegawai pada tempat yang sejajar (horizontal) dan promosi merupakan kenaikan pangkat ke jenjang yang lebih tinggi ( vertical). Dengan adanya suatu pengembangan pegawai diharapkan pegawai dalam pelaksanaan keija operasional dapat menunjukkan keberhasilan suatu organisasi mengenai situasi atau kejadian-kejadian. dalam mencapai tujuannya. Subyek yang dipakai dalam penelitian ini adalah Kepala Bagian Kepegawaian dan Kepala Kantor Diklat Kota Kediri serta pegawai-pegawai yang bekeija di lingkungan Pemerintah Kota Kediri. Sedangkan latar yang merupakan lokasi obyek yang dipilih dalam penelitian ini adalah Kantor Pemerintah Kota Kediri. Metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah deskriptif kualitatif yang bermaksud untuk mengungkapkan masalah atau peristiwa sebagaimana adanya melalui deskripsi Hasil yang didapat selama penelitian, menunjukkan bahwa upaya pengembangan pegawai yang dilakukan Pemerintah Kota Kediri berperan dalam meningkatkan produktivitas keija pegawai meskipun dalam pelaksanaannya menemui banyak kendala, baik kendala internal maupun kendala ekstemal. Keberhasilan Pemerintah Kota Kediri dalam mengembangkan sumber daya aparatumya dapat dilihat melalui manfaat yang diperoleh pegawai setelah dilakukannya upaya-upaya pengembangan tersebut terhadap peningkatan produktivitas keija. Adanya peningkatan produktivitas keija dapat diukur melalui tingginya prestasi keija pegawai, motivasi keija pegawai, tingkat kedisiplinan pegawai, tingkat keijasama pegawai dengan anggota organisasi serta rendahnya tingkat kerusakan dan tingkat pemborosan, baik tenaga maupun waktu

Item Type: Thesis (UNSPECIFIED)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:51
Last Modified: 19 Aug 2024 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228408
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CAMELI A.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)

Actions (login required)

View Item View Item