Penerapan Penggunaan Sistem Informasi Geografis (SIG) terhadap Mutu Pelayanan (Studi pada PT. PLN (persero) APJ Malang)

Imron Yahya, M. and Drs. Kertahadi, M.Com and Drs. Nanang Riyadi, Msi. (2006) Penerapan Penggunaan Sistem Informasi Geografis (SIG) terhadap Mutu Pelayanan (Studi pada PT. PLN (persero) APJ Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adalah PT. PLN (Persero) Distribusi Jatim Area Pelayanan dan Jaringan (APJ) Malang Unit Pelayanan (UP) Kebonagung Malang, sebagai suatu bentuk perusahaan jasa milik negara yang memiliki produk yang abstrak yaitu berupa energi listrik. Seperti juga perubahaan yang lain PT. PLN adalah merupakan suatu organisasi bisnis yang senantiasa berupaya untuk mencapai keuntungan yang sebesarbesamya. Di dalam usaha pencapaian keuntungan tersebut, perusahaan harus memperhatikan masyarakat sebagai pengguna barang dan jasa yang dihasilkan dan senantiasa dituntut untuk dapat memberikan atau menyediakan yang terbaik bagi pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat, yaitu hubungannya dengan masyarakat. Hal tersebut akan memudahkan bagi perusahaan untuk dapat mengetahui apa yang menjadi keinginan masyarakat, agar usaha untuk memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat itu dapat terwujud dengan baik. Oleh karena itu, untuk mewujudkan palayanan yang baik, PT. PLN membuat sistem barn yaitu Sistem Informasi Geografis (SIG), dimana sistem tersebut dapat mambantu memberikan kemudahan dalam pemberian pelayanan yang mengutamakan informasi pelanggan atau data jaringan. Maka dari itu PT. PLN (Persero) perlu mengetahui seberapa besar pengaruh Sistem Informasi Geografis yang diukur dari beberapa faktor yang dihasilkan terhadap mutu pelayanan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian penjelasan (eksplanatori) atas faktor-faktor yang mempengaruhi permasalahan yang diteliti dengan penelitian survey Faktor-faktor yang memepengaruhi keberhasilan sistem informasi geografis yang terdiri dari kualitas sistem, kualitas informasi, penggunaan informasi, kepuasan pelanggan, pengaruh individu, kualitas jasa, dan dampak organisasi, secara parsial dan simultan mempengaruhi mutu pelayanan terhadap pelanggan Pengujian teori dalam lingkup yang lebih luas akan memberikan informasi yang lebih baik tentang faktor-faktor lain yang berkaitan faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan sisitem informasi geografis.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:51
Last Modified: 19 Aug 2024 06:51
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228407
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
M.IMRON YAHYA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Actions (login required)

View Item View Item