Penerapan Sistem Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas Dalam Rangka Meningkatkan Pengendalian Intern ( Studi pada Koperasi Serba Usaha “SRI LESTARI” Kabupaten Blitar )

Choirunni'mah, - and Drs. R, Hari Sasono, M.Si and Drs. M. Saifi, M.Si (2006) Penerapan Sistem Akuntansi Penjualan dan Penerimaan Kas Dalam Rangka Meningkatkan Pengendalian Intern ( Studi pada Koperasi Serba Usaha “SRI LESTARI” Kabupaten Blitar ). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam upaya meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap usaha koperasi, maka perlu diterapkan satu sistem pengendalian intern yang baik dan tepat supaya segala bentuk kecutangan dan penyelewengan dalam pengelolaan usahanya dapat dicegah atau diantisipasi seminimal mungkin. Tujuan sistem pengendalian intern dalam sistem penjualan dan penerimaan kas adalah untuk melindungi harta kekayaan dan mengamankan semua aktiva yang dimiliki dalam organisasi serta menjamin efisiensi operasi. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif, dengan focus penelitian adalah struktur organisasi, formulir yang digunakan, sistem dan prosedur penjualan dan penerimaan kas yang digunakan serta pengendalian intern yang diterapkan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi, sedangkan sumber data yang digunakan adalah data primer yang bersumber dari wawancara dan observasi dan data sekunder berupa dokumen-dokumen pendukung. Metode analisa data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yaitu dengan tidak menggunakan perhitungan statistik. Berdasarkan hasil analisa yang dilakukan ditemukan beberapa permasalahan dalam penerapan sistem akuntansi penjualan dan penerimaan kas yang dilakukan oleh KSU “SRI LESTARI” yaitu adanya beberapa perangkapan fungsi pada unit usahanya, penggunaan formulir yang memerlukan beberapa penyempumaan serta perlu adanya peningkatan pengamanan harta kekayaan yang berupa uang kas. Dari permasalahan tersebut perlu dilakukan suatu upaya perbaikan terutama dalam pemisahan beberapa bagian yang memiliki perangkapan fimgsi dan wewenang, penyempumaan terhadap formulir yang digunakan serta peningkatan pengamanan terhadap aktiva kas dengan melakukan penyetoran ke bank setelah transaksi selesai.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: 050603
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 19 Aug 2024 06:36
Last Modified: 19 Aug 2024 06:36
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228405
[thumbnail of DALAM MASA EMBARGO] Text (DALAM MASA EMBARGO)
CHOIRUNNFMAH.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Actions (login required)

View Item View Item