JAMALUD1N. D. and Prof.Dr.BAMBANG SWASTO, S. ME and Drs.M.PJUDI MUKZAM, M.Si (2006) Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Terhadap Prestasi Keija (Suatu studi pada Alumni DIKLATPIM Tingkat IV Angkatan II Tahun 2003 Kabupaten Pontianak). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Pelaksanaan Undang-undang nomor 32 Tahun 2004 tentang pemerintahan daerah memberikan tanggungjawab yang lebih besar kepada daerah untuk menjamin ketersediaan sumberdaya manusia yang berkualitas baik, hal ini diperlukan dalam rangka pelaksanaan pemerintahan di daerah pada khususnya. Ada banyak faktor yang mempengaruhi prestasi keija pegawai. Namun secara umum, prestasi kerja sangat ditentukan oleh kemampuan {ability) pegawai, motivasi, kualitas supervisi (kepemimpinan) dan kondisi fisik lingkungan kerja. Sebagai salah satu altematif yang dapat ditempuh dalam rangka meningkatkan pengetahuan, keterampilan dan kemampuan serta sikap mental pegawai terhadap tugas agar dapat meningkatnya prestasi kerja secara optimal adalah melalui pendidikan dan pelatihan. Pelaksanaan pendidikan dan pelatihan (diklat) harus dilakukan evaluasi, baik terhadap tujuan, perubahan pengetahuan, perubahan kemampuan maupun terhadap perubahan sikap mental peserta diklat. Hal ini dilakukan untuk melihat sejauhmana pelaksanaan diklat tersebut memberikan kontribusi terhadap peserta, penyelenggara maupun instansi pengirim. Dari kenyataan ini, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul : “Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) terhadap Prestasi Kerja (suatu studi pada Alumni DIKLATPIM Tingkat IV Angkatan II Tahun 2003 Kabupaten Pontianak”. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : 1) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendidikan dan pelatihan (diklat) yang terdiri dari variabel metode diklat (XI), variabel materi diklat (X2) dan variabel instruktur diklat (X3) terhadap variabel prestasi kerja (Y) secara simultan, 2) untuk mengetahui pengaruh yang signifikan pendidikan dan pelatihan (diklat) yang terdiri dari variabel metode diklat (XI), variabel materi diklat (X2) dan variabel instruktur diklat (X3) terhadap variabel prestasi kerja (Y) secara parsial. Untuk mencapai tujuan tersebut dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitin explanatory yang dilakukan terhadap 39 orang responden. Dalam menganalisa data, dipergunakan analisa deskriptif, analisa validitas dan reliabilitas serta regresi linier berganda maupun parsial dengan menggunakan bantuan program SPSS 13.00 for windows. Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa variabel metode diklat (XI), variabel materi diklat (X2) dan variabel instruktur diklat (X3) secara bersama-sama berpengaruh positif secara signifikan terhadap variabel prestasi kerja (Y) sebesar 0,458 (45,8 %) dimana sisanya 54,2 % dipengaruhi oleh variabel lain di luar variabel bebas yang diteliti. Secara parsial, variabel metode diklat (XI) berpengaruh lebih dominan sebesar 0,645 (64,5%) terhadap variabel prestasi kerja (Y) dengan signifikansi a = 0,05. Hal tersebut mencerminkan bahwa Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) dapat mempengaruhi prestasi kerja pegawai
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | 050603 |
Divisions: | Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga |
Depositing User: | Sugeng Moelyono |
Date Deposited: | 07 Nov 2024 04:17 |
Last Modified: | 07 Nov 2024 04:17 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/228367 |
![]() |
Text (DALAM MASA EMBARGO)
JAMALUDIN. D..pdf Restricted to Registered users only Download (17MB) |
Actions (login required)
![]() |
View Item |